Setrika Alat Paling Simpel Buktikan Beras Plastik

Jum'at, 22 Mei 2015 - 22:12 WIB
Setrika Alat Paling Simpel Buktikan Beras Plastik
Setrika Alat Paling Simpel Buktikan Beras Plastik
A A A
JAKARTA - Pakar Kimia Universitas Indonesia (UI) Asmuwahyu mengungkapkan, cara paling mudah membedakan antara beras plastik dengan beras asli adalah menggunakan setrika panas.

"Jadi kalau beras secara kimia ini kan karbohidrat, kalau plastik ini sintetik. Pada umumnya plastik dipanaskan akan lengket. Kalau beras asli tentu enggak," ujarnya, Jumat (22/5/2015).

Dia telah membuktikan, dengan setrika yang dipanaskan dan digosokkan ke material beras plastik langsung meleleh. "Ini saya tunjukin, ini setrika panas. Kalau plastik akan nempel dan leleh," imbuhnya.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak bingung membedakan beras plastik dengan beras asli yang sudah beredar di beberapa daerah. "Kalau ada beras oplos, gampang saja. Kalau curiga, cukup modalnya setrika panas taruh di materialnya. Kalau beras asli lengket kalau ada air saja. Tapi, kalau beras plastik itu langsung nempel," ungkap Asmuwahyu.

Selain itu, lanjut dia, perbedaan beras plastik dan beras asli juga dapat dilihat saat proses pemasakan. Beras asli akan cepat mengembang menjadi nasi dibanding beras plastik.

"Lalu sifat beras plastik ini selalu anti air, karena istilah itu anti air. Beda dengan beras air yang karbohidrat yang sifatnya suka menyatu dengan air. Berasnya akan matang," tandas Asmuwahyu.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4130 seconds (0.1#10.140)