Indonesia Diambang Krisis Migas dan Mineral

Minggu, 24 Mei 2015 - 15:05 WIB
Indonesia Diambang Krisis Migas dan Mineral
Indonesia Diambang Krisis Migas dan Mineral
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kardaya Warnika mengungkapkan, Indonesia saat ini diambang krisis sumber daya energi. Negeri ini miskin cadangan migas (minyak dan gas bumi), serta mineral.

Dia pun heran dengan klaim pemerintah yang mengaku Indonesia kaya dengan sumber daya energi. "Dari aspek energi, kita sering mengaku kaya energi, minyak kita ngakunya kaya, padahal cuma punya 0,2%. Cadangan minyak kita tidak sampai 1% dari keseluruhan minyak dunia," ujarnya di Jakarta, Minggu (24/5/2015).

Sementara untuk batu bara, lanjut Kardaya, Indonesia hanya mempunyai cadangan sebanyak 0,5%. "Batu bara ngakunya kaya dari angka cadangannya 0,5%, pemerintah katakan 0,6%, dari sisi pemerintah selalu ingin katakan kaya. Gas ngakunya juga kaya. Padahal, dengan Belanda kalah," ungkap Kardaya.

Menurutnya, jika pada 2019 tidak ada terobosan dalam pengelolaan energi akan terjadi defisit sehingga akan menimbulkan krisis.

"Terkait batu bara harus jelas sebagai sumber energi kebutuhan pokok. Jadi, yang diperlukan manusianya segala macam bukan penerimaan negara. Dikit-dikit penerimaan negara, padahal tidak menyelesaikan apa-apa," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4665 seconds (0.1#10.140)