MAPI Akan IPO-kan Anak Usaha Empat Tahun Lagi

Senin, 25 Mei 2015 - 17:22 WIB
MAPI Akan IPO-kan Anak Usaha Empat Tahun Lagi
MAPI Akan IPO-kan Anak Usaha Empat Tahun Lagi
A A A
JAKARTA - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menyatakan akan melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) anak usahanya, PT MAP Aktif Adiperkasa (MAA) dalam 4-5 tahun ke depan.

"Time frame dalam 4-5 tahun ke depan, masih banyak kerjaan yang dilaksanakan sebelum IPO," ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Dengan demikian, dia menjelaskan dengan adanya aksi korporasi ini, MAA akan menjadi opsi perseroan untuk menambah modal. Sementara berapa porsi saham yang akan dilepas pada saat IPO, dia belumnisa mengungkapkannya saat ini.

"Berapa porsi persennya belum ditentukan sekarang. Tidak kurang dari 70% saham akan masih dimiliki MAPI setelah anak usaha IPO," jelas Fetty.

Namun jika aksi korporasi itu sudah terealisasi, diharapkan dapat memberi kontribusi dan mempercepat pertumbuhan kinerja perusahaan.

"Kepemilikan dari publik dan institusi bisa membuat growth cepat, lebih fokus. Kontribusi MAA 30% dari pendapatan grup," pungkasnya.

MAA baru didirikan akhir Maret 2015 dengan skema pemisahan (spin off) divisi bisnis aktif. Divisi bisnis aktif ini mengelola kegiatan usaha perdagangan di bidang olah raga, golf dan anak-anak.

Adapun bisnis aktif ini sebelumnya terdiri dari PT Mitra Garindo Perkasa, yang mengelola garment manufacturing dan PT Putra Agung Lestari yang mengelola olah raga, golf, anak-anak, gaya hidup, dan payless.

Reorganisasi internal ini memberikan kesempatan bagi MAPI untuk bekerja sama dengan Montage Company Limited, anak usaha CVC Capital Partners, terkait bisnis akti.

Nantinya, perseroan juga akan menerbitkan opsi kepada Montage Company Limited atas 30% bisnis aktif yang dijalankan oleh MAA, di mana opsi akan dilakukan pada saat MAA melaksanakan IPO.

(Baca: Daya Beli Melemah, MAPI Kurangi Belanja Modal)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9839 seconds (0.1#10.140)