Ekonomi Singapura Melaju Lebih Cepat dari Estimasi

Selasa, 26 Mei 2015 - 11:01 WIB
Ekonomi Singapura Melaju Lebih Cepat dari Estimasi
Ekonomi Singapura Melaju Lebih Cepat dari Estimasi
A A A
SINGAPURA - Pertumbuhan ekonomi Singapura melaju lebih cepat dari estimasi pada kuartal I tahun ini.

Departemen Perdagangan dan Industri (MTI) Singapura menyatakan, produk domestik bruto (PDB) Singapura kuartal I sebesar 2,6% dari tahun sebelumnya 2,1%.

Sementara secara kuartalan, PDB Singapura kuartal I sebesar 3,2%, jauh lebih kuat dari perkiraan sebelumnya sebesar 1,1%.

Angka tersebut didorong oleh sektor manufaktur dan jasa. Meski aktivitas manufaktur menyusut 2,7% dari tahun sebelumnya, tapi masih di atas proyeksi yang mengalami kontraksi 3,4%. Sedangkan pertumbuhan jasa naik menjadi 3,8% dari perkiraan sebelumnya 3,1%.

"Pertumbuhan ekonomi semakin baik didorong oleh sektor jasa, yang dipimpin oleh grosir dan eceran karena didukung oleh lonjakan ekspor menjelang akhir kuartal. Produksi manufaktur juga tidak selemah proyeksi sebelumnya," tulis Barclays dalam catatanya seperti dilansir dari CNBC, Selasa (26/5/2015).

Sementara itu, target pertumbuhan pada tahun ini di 2-4% atau sedikit lebih baik dari 2014. Kendati demikian, analis memperkirakan akan terjadi fluktuasi di sisa tahun ini, terutama karena melambatnya ekonomi AS dan China sebagai dua pasar ekspor utama ke Singapura.

"Kami berhati-hati pada permintaan eksternal yang akan mendukung pertumbuhan sampai tahun 2015," tulis analis dari JPMorgan Benjamin Shatil.

Dia mengatakan bahwa kenaikan suku bunga dan melambatnya pasar properti akan terus membebani sentimen dan memengaruhi aktivitas domestik di tahun ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7934 seconds (0.1#10.140)