Kisah Sufi Dzun-Nun: Pukullah pada Tanda Ini untuk Harta Karun

Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
loading...
Kisah Sufi Dzun-Nun: Pukullah pada Tanda Ini untuk Harta Karun
Konon cerita ini juga pernah dikisahkan oleh Khalifah Abu Bakar, yang wafat tahun 634. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul "Tales of The Dervishes" karya Idries Shah yang diterjemahkan Ahmad Bahar menjadi "Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi". Berikut kisahnya:

Dzun-Nun, orang Mesir itu, menulis tentang cara menemukan pengetahuan yang tersembunyi dalam prasasti-prasasti peninggalan Firaun dengan perumpamaan.

Ada sebuah patung dengan jari menunjuk, dan di situ terpahat tulisan "Pukullah pada tanda ini untuk harta karun." Tak ada orang yang tahu awal mula patung tersebut, tetapi dari masa ke masa orang-orang pun datang ke sana untuk menggali tempat yang ditunjuk oleh jari patung itu. Sebab lokasi harta itu terbuat dari batu pilihan, penggalian orang-orang itu pun sia-sia, dan rahasia harta karun itu tetap terselimut misteri.



Suatu siang kala sedang khusuk merenung, tertangkaplah oleh Dzun-Nun bahwa bayangan telunjuk itu ternyata sejajar dengan sebuah garis di lantai di bawah patung tersebut. Hal ini tidak diketahui selama berabad-abad.

Ia pun segera menandai tempat itu, lalu bergegas mengumpulkan peralatan. Dengan alat pahat, dibongkarnya batu ubin besar itu. Perkiraan Dzun-Nun tepat tempat itu adalah pintu masuk di langit-langit sebuah gua bawah tanah.

Di dalam gua itu terdapat berbagai macam alat pertukangan; dari benda-benda inilah Dzun-Nun mampu menarik kesimpulan tentang ilmu pengetahuan mereka, yang sudah lama lenyap, dan karenanya ia mendapatkan harta karun dan hal-hal berharga lainnya yang memang seharusnya menyertainya.

Menurut Idries Shah, kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari "Negeri Arab". Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh.

Dikenal sebagai seorang penyihir karena kemampuannya dalam bidang teknik, Gerbert (begitulah ia disapa) 'menginap bersama seorang filsuf dari sekte Saracen'. Kuat dugaan, disinilah Gerbert mendengar tentang kisah Sufi tersebut.

Konon cerita ini juga pernah dikisahkan oleh Khalifah Abu Bakar, yang wafat tahun 634.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3159 seconds (0.1#10.140)