Jokowi Umbar Keberhasilan Kendalikan Inflasi Solo

Rabu, 27 Mei 2015 - 11:18 WIB
Jokowi Umbar Keberhasilan Kendalikan Inflasi Solo
Jokowi Umbar Keberhasilan Kendalikan Inflasi Solo
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumbar keberhasilannya mengendalikan tingkat inflasi di Solo, saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo beberapa tahun lalu.

Saat dia memimpin kota tersebut, tingkat inflasi di Solo selalu rendah atau sekitar 1,53% dari tingkat inflasi nasional.

Dia mengatakan, itu karena setiap pekan dirinya selalu melakukan pengecekan dan pengontrolan ke distributor pangan besar. Pasalnya, para distributor besar dan tengkulak kerap memainkan harga jika tidak dikontrol dengan baik.

"Waktu saya jadi Wali Kota Solo, inflasi di Solo itu 1,53% karena setiap minggu saya selalu kontrol ke distributor besar. Kalau tidak, ini akan dipakai mereka untuk memainkan harga," ucapnya dalam pembukaan Rakornas TPID 2015 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta‎, Rabu (27/5/2015).

Menurutnya, kabupaten dengan jangkauan masih sulit, banyak ditemukan permainannya di gudang. Namun, jika seluruh pihak baik dari Bank Indonesia (BI), pemerintah daerah, kejaksaan, dan kepolisian melakukan pengecekan, maka para tengkulak akan berpikir 1.000 kali untuk memainkan harga.

"‎Saya titip ke Pak Kapolri, Kejagung diperintahkan ke jajaran bawahnya agar inflasi jadi perhatian. TPID daerah harus libatkan kejaksaan dan kepolisian, khususnya pemda‎," imbuh dia.

Jokowi mengatakan, ‎TPID daerah harus sesering mungkin terjun ke lapangan, gudang hingga ke distributor besar untuk melakukan pengecekan jika ada yang menimbun.

"Harus dikontrol, sehingga distributor besar merasa diawasi, sehingga mereka tidak menimbun dan mainkan harga. Ini juga saya lakukan saat jadi wali kota dan gubernur," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5598 seconds (0.1#10.140)