Cara Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Sabtu, 30 Mei 2015 - 06:11 WIB
Cara Hemat Menggunakan Kartu Kredit
Cara Hemat Menggunakan Kartu Kredit
A A A
KARTU kredit sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Namun, masih banyak orang yang melihat kartu kredit sebagai momok yang menakutkan. Mereka beranggapan bahwa memiliki kartu kredit sama saja dengan menceburkan diri ke dalam lilitan utang yang tidak berkesudahan.

Co-Founder & Managing Director HaloMoney.co.id, Simon Costello mengatakan, bahwa persepsi seperti itu timbul karena kurangnya pemahamanan masyarakat tentang cara menggunakan kartu kredit dengan baik dan benar.

Hal ini sejalan dengan hasil Survei Literasi Keuangan 2013 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menemukan bahwa lebih dari 75% masyarakat Indonesia tidak mengerti mengenai berbagai produk dan jasa keuangan.

“Salah satu persepsi mendasar yang salah tentang kartu kredit adalah menganggapnya sebagai alat utang. Kartu kredit pada dasarnya adalah alat transaksi yang lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan uang konvensional,” terang Simon dalam keterangan tertulis kepada Sindonews.

“Apabila digunakan dengan tepat, cermat dan disiplin, kartu kredit justru bisa memberikan Anda banyak manfaat. Apabila Anda memilih kartu kredit dengan tepat, Anda bisa menikmati potensi menghemat hingga jutaan rupiah tiap tahun,” tambahnya.

Panduan dari HaloMoney

Apabila kartu kredit tidak lagi dianggap sebagai alat utang, langkah selanjutnya adalah Anda harus disiplin membayar tagihan setiap bulan. "Jangan tergoda melakukan pembayaran minimum setiap bulannya. Apabila Anda melunasi tagihan, anda tidak perlu membayar beban bunga yang diberikan oleh bank,” jelas Simon.

Pada dasarnya, Anda bisa berhemat dengan menggunakan berbagai manfaat yang diberikan oleh kartu kredit, termasuk cashback, promo dan keringanan cicilan hingga 0%.

“Apabila Anda berniat mengambil kartu kredit jangan lupa memperhatikan manfaat utama yang diberikan. Jangan buru-buru mengambil keputusan, Anda harus memilih kartu kredit dengan manfaat yang benar-benar sesuai dengan gaya hidup dan perilaku belanja Anda,” jelas Simon.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9119 seconds (0.1#10.140)