Cerita Mentan Semprot Dirut Sang Hyang Seri

Jum'at, 29 Mei 2015 - 20:23 WIB
Cerita Mentan Semprot Dirut Sang Hyang Seri
Cerita Mentan Semprot Dirut Sang Hyang Seri
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengaku pernah menegur keras Direktur Utama (Dirut) PT Sang Hyang Seri (Persero) Istochri Utomo. Hal ini bermula dari serapan benih yang disediakan BUMN pertanian ini hanya sekitar 20%.

Dia mengaku geram dengan rendahnya benih yang diserap petani. Selang seminggu penunjukan dirinya sebagai mentan, Amran langsung menyambangi direksi Sang Hyang Seri dan menanyakan apa kendala yang menyebabkan serapan benih sangat minim.

"Baru satu minggu kami jadi menteri, kami yang menghadap ke mereka. Mereka mengatakan, kami menteri pertama yang menghadap mereka. Saya katakan, jutaan orang menderita gara-gara bapak berdua," ujarnya saat media visit ke MNC Plaza, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Tahun lalu, produksi pertanian turun satu juta ton lantaran petani menggunakan benih seadanya. Amran pun naik pitam, dan meminta direktur utama dan direktur pemasaran Sang Hyang Seri bertanggung jawab menyelesaikan masalah ini.

"Tapi mereka justru bilang enggak bisa. Terus saya bilang ke mereka, oke kalau gitu saya minta cari anak bangsa lain yang bisa menyelesaikan ini. Artinya bapak dicopot," imbuhnya.

Mendengar reaksi keras Amran, direksi Sang Hyang Seri pun kaget dan berjanji bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Dua-duanya akhirnya mengatakan iya (berjanji menyelesaikan masalah benih). Persoalan akhirnya selesai dalam satu minggu. Persoalan sepele, tapi menyengsarakan petani," tandasnya.

Baca: Mentan Sebut Isu Beras Plastik Hanya SampahMentan Sebut Isu Beras Plastik Hanya Sampah

source: http://ekbis.sindonews.com/read/1006794/34/mentan-sebut-isu-beras-plastik-hanya-sampah-1432888612
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3781 seconds (0.1#10.140)