Sempat Batal, Akhirnya Harga Pertamax Naik Hari Ini

Sabtu, 30 Mei 2015 - 13:20 WIB
Sempat Batal, Akhirnya Harga Pertamax Naik Hari Ini
Sempat Batal, Akhirnya Harga Pertamax Naik Hari Ini
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax Rp500/liter menjadi Rp9.300/liter. Kenaikan harga tersebut mulai diberlakukan sejak dini hari tadi pukul 00.00 WIB.

Kenaikan ini dilakukan BUMN minyak dan gas (migas) tersebut, setelah sempat membatalkan kenaikannya pada 15 Mei 2015 lalu. Hal ini dilakukan perseroan menyusul kenaikan harga yang telah dilakukan pesaingnya yaitu Shell dan Total yang telah lebih dulu menaikkan harga produknya.

"Iya betul seluruh Indonesia (harga pertamax naik). Daftar harganya bisa dilihat di web Pertamina," ucap Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro kepada Sindonews melalui pesan singkatnya di Jakarta, Sabtu (30/5/2015).

Berikut harga baru Pertamax Series, yang mulai berlaku hari ini mulai pukul 00.00 WIB:

Pertamax: Rp9.300/liter
Pertamax Plus: Rp10.200/liter
Pertamax Dex: Rp11.900/liter
Solar non Subsidi: Rp9.300/liter

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax, yang sebelumnya akan dilakukan pukul 00.00 WIB pada 15 Mei 2015.

Pembatalan pun terkesan mendadak, lantaran baru diralat sekitar satu jam sebelum harga pertamax Cs benar-benar naik.

Wianda saat itu mengatakan, tidak jadinya kenaikan harga pertamax cs diakuinya lantaran perseroan ingin melakukan kenaikan tersebut pada tataran waktu yang lebih baik.

Menurut dia, meski semua faktor baik nilai tukar harga rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD), serta harga Mid Oil Platts Singapore (MOPS) ‎seluruhnya mengalami kenaikan, namunperseroan tetap memutuskan untuk menunda kenaikan tersebut.

"Memang benar semua faktor naik (nilai tukar rupiah dan MOPS). ‎Tapi harga BBM umum pertamax series masih tetap sama 15 Mei 2015," imbuhnya.

Kendati demikian, Wianda mengatakan bahwa penundaan itu tidak akan berlangsung lama. Perseroan akan segera menyesuaikan waktu yang tepat untuk kembali menaikkan harga pertamax cs.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7222 seconds (0.1#10.140)