Ini Produk Paling Sering Dibeli Rumah Tangga RI

Senin, 08 Juni 2015 - 11:27 WIB
Ini Produk Paling Sering Dibeli Rumah Tangga RI
Ini Produk Paling Sering Dibeli Rumah Tangga RI
A A A
JAKARTA - Kantar WorldPanel Indonesia (KWP), perusahaan riset pasar terkemuka dunia meluncurkan hasil pemeringkatan merek-merek di industri fast moving consumer goods (FMCG) yang ada di Indonesia melalui Brand Footprint 2015. Riset ini sekaligus menunjukkan pola perilaku konsumen Indonesia dalam membeli berbagai produk FMCG.

Dari hasil riset 2015, tercatat ada lima merek teratas yang paling sering dibeli rumah tangga (konsumen). Mereka antara lain Indomie, Mie Sedaap, Royco, So Klin dan Frisian Flag.

"Banyaknya jumlah rumah tangga yang membeli suatu merek atau tingginya tingkat penetrasi merupakan faktor pendukung untuk lima merek teratas, yaitu Indomie, Mie Sedaap, Royco, So Klin dan Frisian Flag. Lebih dari 90% populasi rumah tangga di Indonesia, membeli kelima merek ini," kata Managing Director Vietnam, Indonesia, Filipina KWP Fabrice Carrasco dalam rilisnya, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Menurutnya, perkembangan suatu merek mengikuti satu faktor penting yang sederhana, yaitu jumlah pembeli. Seperti tertera dalam 'Double Jeopardy Law', bertumbuhnya frekuensi akan mengikuti pertumbuhan dari penetrasi.

Dibanding tahun lalu, sebanyak 239 merek atau 53% dari merek yang terdaftar di Brand Footprint mengalami kenaikan CRP atau dengan kata lain merek- merek tersebut lebih sering dipilih para konsumen. Dari total 239 merek tersebut, 195 merek mengalami kenaikan jumlah pembeli.

"Salah satu kunci keberhasilan suatu produk adalah dengan membuat produk anda lebih dapat dijangkau para pembeli. Hal ini menegaskan penetrasi adalah faktor penting yang mendukung pertumbuhan suatu merek," tegasnya.

Tidak mengherankan, untuk spesifik daerah Indonesia Urban, Indomie dan Mie Sedaap adalah dua merek teratas yang paling sering dipilih konsumen. Mi instan memang kategori yang memiliki jumlah pembeli sangat besar dan dibeli paling sering oleh konsumen di Indonesia yaitu hampir dua kali dalam sepekan.

Selain menawarkan kemudahan untuk mengonsumsi, jangkauan distribusi kedua merek teratas ini sangat luas, promosi dan inovasi yang dilakukan sangat beragam, mulai dari iklan hingga variasi rasa yang beragam. Jika dibanding tahun lalu, Indomie berhasil menambah jumlah pembeli namun berkurang dari sisi jumlah perjalanan belanja.

"Dua dari sepuluh merek teratas juga datang dari kategori penyedap masakan (Masako dan Royco). Kepraktisan yang ditawarkan bagi rumah tangga di dalam hal memasak, menjadikan kedua merek ini menjadi merek yang sering dipilih," imbuhnya.

Selain itu, produk Frisian Flag mampu berada di dalam lima merek teratas. Ini dikarenakan merek tersebut bermain di banyak kategori yakni susu formula bayi, susu kental manis, susu cair, dan susu bubuk keluarga sehingga mampu menarik banyak konsumen dan berakibat pada tingginya skor CRP.

"Berdasarkan hasil Brand Footprint 2015, dari 10 peringkat teratas terdapat 5 merek dari produsen lokal dan 5 lagi dari perusahaan multi nasional. Sebagian besar merek peringkat atas berasal dari sektor makanan, sisanya dari kebutuhan rumah tangga dan personal," ungkap General Manager Kantar Worldpanel Indonesia Lim Soon Lee.

Sementara, New Business Development Director Kantar WorldPanel Indonesia Fanny Murhayati mengatakan, Brand Footprint adalah laporan berkelanjutan (tahunan), dan tahun ini adalah tahun ketiga perilisan Brand Footprint.

Dengan demikian, para pemain FMCG dapat memonitor dan melihat perubahan dari CRP (jangkauan) suatu produk dari waktu ke waktu. Riset yang dilakukan di Indonesia untuk hasil Brand Footprint hanya dilakukan untuk produk-produk yang dikonsumsi dalam rumah, tidak termasuk yang dikonsumsi di luar rumah.

"Brand Footprint menggunakan sampel 5,680 rumah tangga yang mewakili 86% dari seluruh rumah tangga di area Urban Indonesia," katanya.

Berikut ranking dari 10 merek teratas di Urban Indonesia berdasarkan Brand Footprint 2014:

1. Indomie : 99.2
2. Mie Sedaap : 95.2
3. Royco : 93.3
4. So Klin : 94.0
5. Frisian Flag : 90.3
6. Masako : 79.1
7. Rinso : 91.1
8. Lifebuoy : 95.3
9. Roma : 96.4
10.Indofood : 90.9
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6317 seconds (0.1#10.140)