Majukan Papua Barat, Rencana Pembangunan Gedung PYCH di Manokwari Disambut Antusias

Kamis, 09 Februari 2023 - 15:30 WIB
loading...
Majukan Papua Barat, Rencana Pembangunan Gedung PYCH di Manokwari Disambut Antusias
Lahan yang direncanakan akan dibangun gedung PYCH Manokwari, Papua Barat. FOTO/dok.Istimewa
A A A
MANOKWARI - Anak muda dan masyarakat Papua Barat menyambut antusias rencana pemerintah membangun gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Menurut Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Provinsi Papua Barat Simon Tabuni, gedung PYCH di Manokwari akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan diri, minat dan bakat sehingga bisa ikut memajukan Tanah Papua.

PMI berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan, atas rencana pembangunan gedung PYCH tersebut. Pembangunan gedung PYCH di Kab. Manokwari merupakan arahan, gagasan dan dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya.

Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk membantu mempercepat kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut.

"Kami mewakili pemuda-pemudi yang ada di Manokwari, Papua Barat sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan kepada Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas dukungan yang sangat luar biasa ini," kata Simon di Manokwari Barat, Kab. Manokwari, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga: Gedung PYCH Siap Diresmikan, Ini yang Dilakukan Pemuda Papua

Simon menyampaikan itu saat mendampingi Made Kartikajaya meninjau lahan yang rencananya akan dibangun gedung PYCH, di eks-Badiklat Kab Manokwari, Jl. Lembah Hijau, Wosi Dalam, Distik Manokwari Barat, Kab. Manokwari. Simon menuturkan, gedung ini nantinya sebagai wadah yang nanti akan menjadi tempat untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dari anak-anak muda di Papua Barat. Anak muda Papua bisa memanfaatkan fasilitasnya untuk sumber daya manusianya.

"Ketika anak muda bergerak dan berkontribusi lewat ide-ide kreatifnya, maka pembangunan akan berjalan," kata alumni program magister di University of London tersebut.

Made Kartikajaya dan pengurus PMI turut melakukan pertemuan Bupati Manokwari, Hermus Indou di sebuah cafe kawasan Pasir Putih, Kec. Manokwari Timur. Hermus mengatakan, pihaknya mendukung penuh adanya pembangunan gedung PYCH di Kab. Manokwari. Menurutnya, keberadaan gedung imi bisa meningkatkan kualitas dan partisipasi pemuda dalam penyelenggaran pemerintahan, serta pembangunan di Indonesia, khususnya di Papua Barat.

Hermus mengungkapkan Pemda Manokwari akan menghibahkan tanah seluas 27.761 meter persegi atau 2,7761 hektar kepada BIN, untuk pembangunan gedung PYCH. Adapun lokasi tanahnya di eks-Badiklat Kab Manokwari, Jl. Lembah Hijau, Wosi Dalam, Distik Manokwari Barat, Manokwari.

Dia menjelaskan, saat ini lahan itu masih dalam proses administrasi pengsertifikatkan di BPN, lalu akan di hibahkan untuk dibangun gedung PYCH di Manokwari kepada BIN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)