Rupiah Diramal Bertahan di Zona Positif

Jum'at, 03 Juli 2015 - 08:25 WIB
Rupiah Diramal Bertahan di Zona Positif
Rupiah Diramal Bertahan di Zona Positif
A A A
JAKARTA - Rupiah pada hari ini diramal masih dapat bertahan di zona positif, meski tipis setelah pelaku pasar mencoba mengantisipasi sentimen dari Yunani dan rilis data-data ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Adanya harapan akan perubahan sikap Yunani untuk menerima klausul dari para krediturnya cukup memberikan sentimen positif pada laju Euro," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Namun, di sisi lain pelaku pasar juga mengantisipasi akan membaiknya rilis data-data ketenagakerjaan yang dapat berimbas pada penguatan kembali laju dolar Amerika Serikat (USD).

Sentimen yang cukup berimbang inilah yang membuat laju rupiah cukup tertahan. Sebelumnya, Reza menyampaikan, laju rupiah yang cenderung sideways.

"Menempatkannya berada di persimpangan dengan kemungkinan melemah jika sentimen yang ada tidak cukup baik," kata dia.

Diharapkan sentimen dari inflasi maupun sentimen baru dapat mempertahankan rupiah tetap berada di zona positifnya. Untuk itu, tetap antisipasi dan cermati setiap sentimen yang dirilis.

"Laju rupiah masih kami harapkan dapat melanjutkan penguatan seiring kurang baiknya sentimen untuk laju USD. Akan tetapi, mengingat sentimen dari dalam negeri juga belum cukup positif maka terdapat potensi untuk kembali melemah," pungkasnya.

Untuk itu, tetap antisipasi dan cermati setiap sentimen yang dirilis. Reza memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.322-Rp13.334/USD.

Sementara, posisi rupiah kemarin berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI berada pada level Rp13.337/USD, melemah 6 poin dibanding penutupan sebelumnya di level Rp13.331/USD.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9672 seconds (0.1#10.140)