30 Penerbangan Delay Akibat Kebakaran Bandara Soetta

Minggu, 05 Juli 2015 - 15:39 WIB
30 Penerbangan Delay Akibat Kebakaran Bandara Soetta
30 Penerbangan Delay Akibat Kebakaran Bandara Soetta
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) mengungkapkan, kebakaran yang terjadi di JW Lounge Terminal 2E Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta)menyebabkan 30 penerbangan mengalami penundaan keberangkatan atau delay di atas 30 menit.

Head of Corporate Secretary and Legal AP II Agus Haryadi mengungkapkan, laporan awal diterima unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) AP II pada pukul 05.50 WIB. Kemudian personil tiba di lokasi pukul 06.10 WIB dan pada pukul 07.45 WIB api dapat dikuasai serta dilakukan proses pendinginan. (Baca: Kebakaran, Asap Selimuti Terminal 2F Bandara Soetta)

Hingga saat ini petugas masih melakukan pembersihan di area kebakaran sehingga berdampak pada ditutupnya Pintu 3 di Terminal 2E, sedangkan di pintu 1, 2 dan 4 tetap normal. Saat ini penumpang dapat melakukan proses check-in melalui Pintu 1 dan Pintu 2 untuk keberangkatan internasional dan Pintu 4 khusus rute domestik.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan akibat terjadinya kebakaran ini, dan kami berupaya untuk secepatnya memulihkan keadaan menjadi normal kembali," katanya seperti dalam rilis yang diterima Sindonews di Jakarta, Minggu (5/7/2015).

Agus menjelaskan, sebagai langkah kontingensi menanggulangi delay yang terjadi maka dilakukan perubahan proses check-in di bandara, yakni penumpang domestik Garuda Indonesia dipusatkan di Terminal 2F, sementara penumpang internasional di Terminal 2D. Garuda tetap mengupayakan layanan check-in dengan manual karena sistem belum berfungsi, dan pada pukul 8.35 WIB check-in counter mulai dioperasikan kembali.

Penerbangan Garuda dengan tujuan Yogyakarta, Pekanbaru, Batam, Ujung Pandang, Semarang, Palembang, Pontianak yang sebelumnya delay, saat ini sudah diberangkatkan.

Garuda juga akan mengoperasikan pesawat berbadan lebar (widebody) untuk mengangkut penumpang yang sudah terkena delay khusus keberangkatan ke Surabaya dan Denpasar, sehingga jadwal keberangkatan bisa dilakukan hari ini. Adapun penumpang Garuda juga diberikan fasilitas penjadwalan ulang (rescheduling).

Langkah kontingensi lainnya, seluruh operasional penerbangan luar negeri termasuk proses check-in dari Lion Air dan Malindo yang sebelumnya di Terminal 2 dipindahkan ke Terminal 3.

"Prioritas penanganan delay adalah para calon penumpang yang telah tiba di bandara. Penumpang diupayakan untuk berangkat dengan jadwal yang telah disesuaikan," pungkasnya.

Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Imigrasi, Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Bandara Soekarno Hatta, Angkasa Pura II, Airnav, Airlines, dan kepolisian sudah berkoordinasi menentukan langkah-langkah penanganan. Penyebab kejadian saat ini sedang dalam tahap penyelidikan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Adapun penerbangan internasional yang mengalami delay akibat perisitwa ini adalah:

1. China Southern nomor penerbangan 388 dari schdeule 09.05 WIB menjadi berangkat pukul 12.00 WIB

2. Xiamens Air nomor penerbangan 870 dari schedule 08.10 WIB menjadi berangkat pukul 12.00 WIB

3. Malaysia Airlines nomor penerbangan 712 dari schedule 09.45 WIB menjadi berangkat pukul 11.30 WIB.

Baca juga:

Api di Bandara Soetta Berasal dari Lounge

Terminal 2E Bandara Soetta Belum Normal Layani Penerbangan

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran di Lounge 2E Soetta
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4473 seconds (0.1#10.140)