Yunani Tolak Bailout, Harga Minyak Dunia Jatuh

Senin, 06 Juli 2015 - 08:49 WIB
Yunani Tolak Bailout, Harga Minyak Dunia Jatuh
Yunani Tolak Bailout, Harga Minyak Dunia Jatuh
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia turun tajam pada awal perdagangan hari ini setelah Yunani menolak langkah-langkah penghematan lebih lanjut dalam referendum bailout.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/7/2015), dalam referendum kemarin, Yunani sangat menolak langkah-langkah penghematan yang diminta dengan imbalan uang bailout, dan ragu terkait mata uang tunggal serta merobohkan mata uang euro pada awal perdagangan pekan ini.

Harga minyak mentah brent dam minyak berjangka turun lebih dari 1% yang diperdagangkan masing-masaing USD55,08 dan USD59,72 per barel pada pukul 00.35 GMT.

"Ketidakpastian Yunani bearish untuk minyak. Faktor negatif tambahan di atas gejolak di pasar keuangan China, naiknya pengeboran rig di AS, dan potensi kenaikan pasokan minyak Iran," kata Olivier Jakob, pasar energi senior yang analis Petromatrix di Zug, Swiss.

"Implikasi utama adalah untuk euro/dolar dan saya pikir itu akan memberikan tekanan tambahan pada euro," tambahnya.

Sebuah dolar yang kuat menempatkan tekanan pada pasar minyak karena membuat bahan bakar dolar diperdagangkan lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang berbeda.

Euro tergelincir lebih dari 1% terhadap dolar dan pasar saham serta obligasi Eropa siap untuk mengambil hit tajam dengan pembukaan kembali perdagangan pada Senin, pemimpin Eropa menyerukan pertemuan puncak besok untuk membahas langkah berikutnya.

Di China, broker dan fund manager setuju untuk membeli sejumlah saham besar untuk mendukung pasar yang jatuh hingga 30% sejak Juni, dibantu oleh perusahaan pembiayaan China didukung marjin yang pada gilirannya akan dibantu oleh likuiditas dari bank sentral.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9781 seconds (0.1#10.140)