Ribuan Wanita Hamil Rusia Berburu Paspor Argentina, Ada Apa?

Minggu, 12 Februari 2023 - 11:48 WIB
loading...
Ribuan Wanita Hamil Rusia Berburu Paspor Argentina, Ada Apa?
Ribuan wanita hamil Rusia berburu paspor Argentin. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BUENOS AIRES - Otoritas Argentina mengatakan bahwa lebih dari 5.000 wanita hamil asal Rusia telah memasuki negara itu dalam beberapa bulan terakhir, termasuk 33 orang dalam satu penerbangan pada Kamis lalu.

Menurut badan migrasi Argentina, kedatangan terakhir dari para wanita hamil asal Rusia itu semuanya terjadi pada minggu-minggu terakhir kehamilan.

Diyakini para wanita itu ingin memastikan bayi mereka lahir di Argentina untuk mendapatkan kewarganegaraan Argentina.

Kepala badan migrasi Argentina, Florencia Carignano, kepada media setempat mengungkapkan dari 33 perempuan yang tiba di ibu kota Argentina dalam satu penerbangan pada Kamis lalu, tiga diantaranya ditahan karena "masalah dengan dokumentasi mereka." Mereka bergabung dengan tiga lainnya yang tiba pada hari sebelumnya.

Menurutnya para wanita Rusia itu awalnya mengklaim bahwa mereka mengunjungi Argentina sebagai turis.

"Dalam kasus ini terdeteksi bahwa mereka tidak datang ke sini untuk terlibat dalam kegiatan pariwisata. Mereka mengakuinya sendiri," ungkapnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (12/2/2023).

Dia mengatakan para wanita Rusia ingin anak-anak mereka memiliki kewarganegaraan Argentina karena memberi lebih banyak kebebasan daripada paspor Rusia.

Memiliki anak Argentina juga mempercepat proses kewarganegaraan bagi orang tua.



"Masalahnya adalah mereka datang ke Argentina, mendaftarkan anak-anak mereka sebagai orang Argentina dan pergi. Paspor kami sangat aman di seluruh dunia. Ini memungkinkan (pemegang paspor) untuk memasuki 171 negara tanpa visa," jelas Carignano.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)