Wall Street Berakhir Rebound Didukung Harga Minyak

Rabu, 08 Juli 2015 - 08:55 WIB
Wall Street Berakhir Rebound Didukung Harga Minyak
Wall Street Berakhir Rebound Didukung Harga Minyak
A A A
NEW YORK - Indeks saham di Wall Street pada Selasa waktu setempat berakhir balik arah menguat (rebound) setelah bergerak fluktuatif didukung naiknya harga minyak Amerika Serikat (AS), sehingga membantu mengimbangi kekhawatiran perlambatan di China dan krisis utang Yunani.

Sektor energi di indeks S&P (SPNY) berbalik arah naik 0,9% karena minyak mentah AS melonjak 0,7% setelah anjlok 3,7% pada hari sebelumnya.

Survei Reuters menunjukkan, stok minyak mentah komersial kemungkinan tergelincir di pekan yang berakhir 3 Juli setelah naik untuk kali pertama sejak April di pekan sebelumnya.

"Penurunan minyak berakhir. Saham energi melambung dan ketika terjadi, itu membantu indeks bergerak menguat," kata Kepala Investasi di Wedbush Equity Management LLC Stephen Massocca seperti dilansir dari Reuters, Rabu (8/7/2015).

Kekhawatiran tentang ekonomi dan anjloknya pasar saham China sejalan dengan sektor komoditas global melemah, di mana harga tembaga, batu bara, gas alam dan bijih besi jatuh ke posisi terendah tahun ini.

Para pemimpin zona Eropa mengadakan pertemuan darurat di Brussels pada Selasa dan rencana lainya pada hari Minggu untuk menyetujui membantu Yunani jika lembaga kreditor puas dengan komitmen aplikasi pinjaman dan reformasi keuangan Yunani.

Beberapa investor percaya krisis Yunani dan perlambatan China dapat menjadi alasan bagi Federal Reserve untuk menunda menaikkan suku bunga AS, atau paling tidak memperlambat laju kenaikannya.

"Ekonomi AS harus mendapatkan keuntungan dari suku bunga dan harga minyak yang lebih rendah, yang merupakan imbas dari perlambatan China dan krisis Yunani," kata Kepala Investasi Multi Aset Strategies and Solution di Voya Investment Management Paul Zemsky.

Sembilan dari 10 sektor utama di indeks S&P 500 berakhir menguat. Indeks utilitas (SPLRCU) melonjak 2,48%, sedangkan sektor bahan baku (SPLRCM) turun 0,33%.

Dow Jones Industrial Average naik 93,33 poin atau 0,53% menjadi berakhir pada 17.776,91; indeks S&P 500 naik 12,58 poin atau 0,61% ke 2.081,34; dan Nasdaq Composite bertambah 5,52 poin atau 0,11% ke 4.997,46.

Sekitar 8,6 miliar saham diperdagangkan di semua platform AS, jauh di atas rata-rata dalam limas sesi terakhir sebanyak 6,9 miliar saham.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7004 seconds (0.1#10.140)