2 Kadiv Propam yang Sukses Meraih Posisi Kapolri, Salah Satunya Mantan Ajudan Presiden Jokowi

Selasa, 14 Februari 2023 - 12:19 WIB
loading...
2 Kadiv Propam yang Sukses Meraih Posisi Kapolri, Salah Satunya Mantan Ajudan Presiden Jokowi
Terdapat beberapa Kadiv Propam yang sukses meraih jabatan Kapolri di kemudian hari. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa Kadiv Propam yang sukses meraih jabatan Kapolri di kemudian hari. Salah satunya adalah mantan ajudan Presiden Joko Widodo.

Dalam riwayatnya, Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia atau biasa dikenal Div Propam Polri telah banyak dipimpin oleh perwira tinggi Polri yang memiliki latar belakang berbeda.

Dari sekian banyak, beberapa di antaranya memiliki karier yang terus melejit, bahkan sampai meraih posisi Kapolri. Siapa sajakah mereka?

Baca juga : Profil Irjen Syahar Diantono, Kadiv Propam Pengganti Ferdy Sambo

Berikut dua Kadiv Propam yang sukses meraih jabatan Kapolri di kemudian hari.

1. Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis

Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dalam riwayatnya, dia pernah menduduki posisi Kapolri, tepatnya pada periode 2019 hingga 2021.

Idham Azis lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 30 Januari 1963. Pada pendidikannya, jenderal polisi bintang 4 ini diketahui sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988.

Sebelum mengemban amanah sebagai Kapolri, sejumlah posisi strategis lain juga pernah ditempatinya, termasuk Kadiv Propam Polri periode 2016 hingga 2017. Saat itu, dia menggantikan Irjen Pol. Mochamad Iriawan.

Setelah itu, karier Idham Azis semakin moncer saja. Tercatat dia menduduki jabatan Kapolda Metro Jaya (2017), hingga Kabareskrim Polri (2019). Dalam sepak terjangnya di kepolisian, dia pernah memimpin Tim Bareskrim dalam misi melumpuhkan teroris Dr.Azhari di Jawa Timur pada 2005.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4043 seconds (0.1#10.140)