Menkeu Pede Indikasikan Inflasi Juli Terendah 5 Tahun

Senin, 13 Juli 2015 - 21:33 WIB
Menkeu Pede Indikasikan Inflasi Juli Terendah 5 Tahun
Menkeu Pede Indikasikan Inflasi Juli Terendah 5 Tahun
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro percaya diri (pede) mengindikasikan inflasi pada Juli 2015 akan lebih rendah dari tahun lalu. Bahkan, menjadi yang terendah selama 5 tahun terakhir. Artinya, Ramadan tahun ini pemerintah mampu mengendalikan harga komoditas pokok.

"Kalau ditanya inflasi, masih jauh ya ni kan pertengahan bulan. Tapi, kalau lihat inflasi Juni sih ada indikasi bahwa inflasi Ramadan dan Lebaran akan menjadi mungkin terendah dalam 5 tahun terakhir atau kedua terendah. Jadi, potensinya inflasi Ramadan dan Lebaran ini terkendali," ujar Menkeu, Senin (13/7/2015).

Namun untuk angkanya, Menkeu Bambang belum bisa mengatakan berapa besarannya. Sebab, baru pertengahan jadi penghitungan inflasinya belum ada gambaran.

"Itu saya enggak tahu persisnya, karena sekali lagi ini baru pertengahan bulan. Tapi, yang penting kita bandingkan dengan 5 tahun terakhir. Yang penting kita masih lihat inflasi pada akhir tahun ada di 4-4,5%," katanya.

Menkeu Bambang menyebutkan, indikasi dari rendahnya inflasi Juli adalah pemerintah bisa kendalikan harga selama Ramadan dan Lebaran serta kondisi pangan meningkat.

"Namun, jika tidak disertai dengan demand yang memadai, maka akan ada kenaikan harga. Nah, dengan bulan lalu kita sudah lakukan operasi pasar, akhirnya kenaikan harga dikendalikan," pungkasnya.

Baca juga:

Inflasi di Indonesia Sudah Tak Miliki Pola Jelas

BI Prediksi Inflasi 7% pada Kuartal III
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5846 seconds (0.1#10.140)