11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha

Selasa, 21 Juli 2015 - 16:08 WIB
11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha
11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha
A A A
BANYAK selebriti bersedia menjadikan namanya dalam sebuah iklan produk. Namun semakin banyak bintang film, musik dan olahraga yang lebih tertarik untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Meski jumlah usaha yang gagal dilakukan oleh kalangan entertainer cukup besar, namun ada juga yang berhasil membangun raksasa bisnis dan menjadikan perusahaannya memiliki aset bernilai miliaran dolar Amerika Serikat (USD).

Tentu saja, ketenaran mereka sebagai seorang selebriti membantu bisnis. Tapi tanpa rencana bisnis yang sehat dan produk yang berkualitas, perusahaan yang dijalankan juga tidak dapat berhasil.

Berikut 11 selebriti yang telah berhasil mengukir karirnya sebagai pengusaha, seperti dilansir dari CNBC:

1. Jessica Alba, Honest

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Reaksi alergi terhadap deterjen mendorong aktris ini untuk menciptakan sebuah perusahaan yang menawarkan pilihan deterjen yang ramah lingkungan dan bebas racun, meski butuh waktu untuk mengajak orang bekerja sama demi merealisasikannya.

"Butuh waktu tiga tahun. Itu terlalu lama untuk mewujudkan sebuah ide," kata dia. Namun akhirnya Alba berhasil meyakinkan Brian Lee dari LegalZoom untuk bekerja sama, dan meluncurkan bisnis online-nya, Honest.com pada 2011. Perusahaannya telah membukukan pendapatan tiga kali lipat menjadi USD150 juta pada 2014 dan sekarang hampir USD1 miliar.

2. Jennifer Aniston, Living Proof

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Masuk akal jika wanita yang identik dengan potongan rambut 1990-an ini akan mencapai keberhasilan di industri perawatan rambut.

Aniston adalah wakil pemilik produk perawatan rambut, Living Proof. Perusahaan ini didirikan oleh para ilmuwan bioteknologi di MIT, Cambridge, Massachusetts. Tujuannya, kata dia, adalah untuk menyederhanakan perawatan rambut. Produk perusahaan sekarang telah dijual di lebih dari 1.000 lokasi.

3. 50 Cent, SMS Audio

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Perusahaan headphone Curtis Jackson adalah gerai bisnis paling terkenal saat ini. Rapper tersebut memang memiliki sejarah panjang sebagai pengusaha. Dia melakukan investasi pertamanya, dengan menjual bisnis perusahaan minuman vitamin Glacéau ke Coca-Cola sebesar USD4,1 miliar.

Dia juga telah menjalankan dua perusahaan produksi film dan pendiri perusahaan minuman energi serta menjalankan promosi tinju.

4. Jessica Simpson, fashion

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Karir musik Simpson tidak begitu tenar dibanding beberapa teman-temannya, tapi selera modenya terbukti sangat menguntungkan.

Bintang dalam realty show Newlyweds ini menjual merek pakaian dalamnya, Jessica Simpson Collection ke Sequential Brands. Hasilnya, saham Sequential naik lebih dari 12%, bukan kejutan besar, mengingat penjualan retail tahunan untuk merek ini sekitar USD1 miliar.

5. Kathy Ireland, Kathy Ireland Worldwide

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Setelah tampil di tiga cover pakaian renang Sports Illustrated, Ireland memanfaatkan namanya untuk menciptakan bisnis bernilai miliaran dolar AS (USD), yang menawarkan segala sesuatu mulai dari pakaian hingga karpet. Penjualan dari bisnis lisensi ini sebesar USD2 miliar, lebih dari dua kali lipat penjualan tahunan yang diperkirakan Martha Stewart Living Omnimedia.

6. Sean Combs, Bad Boy Worldwide Entertainment Group

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Dimulai dengan sebuah label rekaman pada tahun 1994, Combs menunjukkan bakat untuk menciptakan bintang, termasuk Notorious BIG dan Lil 'Kim.

Dia memperluas ketertarikannya dari bidang musik, kemudian mulai menjelajahi outlet lain yang paling terkenal, di antaranya adalah bisnis pakaiannya, Sean John.

Combs juga memiliki restoran di New York City dan Atlanta, bisnis parfum dan tequila merek Deleon. Dua tahun lalu, dia bermitra dengan Comcast untuk meluncurkan Revolt TV, jaringan kabel musik.

7. Oprah Winfrey, Harpo

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Salah satu host talk show terkenal ini memiliki bakat sebagai wirausaha. Dengan kekayaan bersih dilaporkan sebesar USD2,9 miliar, dia telah meluncurkan jaringan TV kabel sendiri (OWN), memiliki serta menghasilkan beberapa acara TV populer, termasuk Dr Phil dan The Rachael Ray Show. Oprah juga wakil pendiri Oxygen Media, yang saat ini ada di lebih dari 77 juta rumah.

8. Robert DeNiro, Nobu


11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Nobu merupakan rantai restoran, yang dia dirikan dan mendunia di lebih dari 30 lokasi mulai dari New York hingga ke Tokyo dan Moskow. Dia juga memiliki beberapa restoran Italia, termasuk Locanda Verde di New York dan tahun lalu, dia menciptakan merek vodka baru, VDKA 6100.

9. Greg Norman, Great White Shark Enterprises


11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Legenda golf yang memenangkan 90 turnamen internasional ini, sekarang menjalankan sebuah perusahaan multinasional mulai desain lapangan golf, pengembangan real estate hingga steak mahal.

Bahkan baru-baru ini, dia meluncurkan perusahaan investasi skala kecil. Banyak orang mengenal wine-nya yang terbaik, Greg Normal Estates. Perusahaan melaporkan membukukan pendapatan sebesar USD300 juta pada tahun lalu.

10. Gwen Stefani, L.A.M.B.

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Setelah memimpin grup band No Doubt dan bersolo karir menjadi penyanyi papan atas, Stefani menjadi ikon dan menciptakan sejumlah perusahaan fashion, yang terbesar adalah L.A.M.B., singkatan dari Love. Angel. Music. Baby.

Perusahaan fashionnya diperkirakan membukukan pendapatan tahunan lebih dari USD100 juta. Dia juga meluncurkan koleksi Harajuku Mini untuk anak-anak di toko Target pada tahun 2011 dan baru-baru ini bermitra dengan Michael Glasser untuk produk pakaian baru yang akan dijual musim semi.

11. Paul Newman, Newman's Own

11 Selebriti AS Gunakan Ketenaran Jadi Pengusaha


Newman berbeda dengan kebanyakan pengusaha yang berasal dari entertainer. Daripada menambah kekayaannya, dia malah memberikan 100% dari laba perusahaan makananya setelah pajak untuk amal.

Awalnya, dia hanya menawarkan salad dressing, namun perusahaan berkembang dengan menjual segala macam, mulai dari popcorn hingga pizza beku. Sejak tahun 1982, perusahaannya telah memberikan sebesar USD430 juta untuk berbagai amal.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4263 seconds (0.1#10.140)