BPS Prediksi Inflasi Juli di Bawah 1%

Rabu, 15 Juli 2015 - 15:41 WIB
BPS Prediksi Inflasi Juli di Bawah 1%
BPS Prediksi Inflasi Juli di Bawah 1%
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi angka inflasi Juli 2015 akan berada di bawah 1%.

Sementara inflasi Juli tahun lalu hampir mendekati 1% atau tepatnya 0,93%. Biasanya, inflasi Ramadan hingga lebaran berada di kisaran 1% karena harga-harga mengalami kenaikan.

Pemerintah Indonesia dianggap mampu mengendalikan harga, sehingga ada kecenderungan inflasi Juli kembali berada di bawah 1%.

"Kita harap (inflasi Juli) tidak terlalu besar. Ya kisaran di bawah 1%. Kalau bulan Ramadan sampai lebaran biasanya tinggi. Nah, ini karena lebaran puncaknya tengah bulan jadi tidak begitu terasa inflasinya kalau menurut saya," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Rabu (15/7/2015)

Dia mengatakan, harga-harga kebutuhan pokok pada pekan pertama dan kedua Ramadan cenderung masih tinggi, namun setelah lebaran dipastikan harganya akan kembali normal.

"Cabai, ayam, daging sapi, semua naik, tapi pada minggu ketiga dan keempat umumnya turun karena kebutuhan menurun. Jadi, inflasi di bulan ini saya rasa tetap terkendali," pungkas dia.

Sekadar informasi, inflasi bulan lalu tercatat sebesar 0,54%, naik sedikit jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat 0,5%. Adapun, kontributor inflasi bulan lalu berasal dari bahan makanan, seperti daging ayam, cabai dan telur.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)