Ikuti Harga Dunia, Pertamina Untung Jual Pertalite

Senin, 27 Juli 2015 - 16:27 WIB
Ikuti Harga Dunia, Pertamina Untung Jual Pertalite
Ikuti Harga Dunia, Pertamina Untung Jual Pertalite
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan, penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite bisa membuat BUMN minyak dan gas (migas) tersebut untung. Saat ini harga pertalite masih promosi sekitar Rp8.400 per liter.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menekankan, masyarakat harus memahami bahwa BBM berkadar research octane number (RON) 90 ini bukanlah barang subsidi, dan harganya mengacu pada harga pasar dunia.

"Sambil tunggu itu (keuntungan), masyarakat sama-sama tahu bahwa harganya (pertalite) mengacu harga pasar. Kedua, ini barang bukan subsidi," katanya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Dia menuturkan, perseroan kini berusaha mensosialisasikan hal tersebut terlebih dahulu sebelum memikirkan mengenai keuntungan. Jangan sampai sosialisasi kurang mendalam dan membuat masyarakat berpikir bahwa pertalite barang subsidi.

"Sosialisasi kita belum banyak nih. Kita harus lakukan dulu uji pasar di lapangan. Baru masyarakat berkomentar," imbuh dia. (Baca: Pertamina Klaim Pertalite Diminati Masyarakat)

Menurutnya, saat ini perseroan belum memutuskan skema waktu yang tepat untuk penentuan harga BBM pertalite. Namun secara umum, formula penentuan harga pertalite sama dengan formula pertamax.

"Ada biaya distribusi, biaya penyimpanan, mengacu kepada harga indeks pasar, ada PBB, dan PPN. Nah, tapi keleluasaan yang kami miliki adalah penyesuaian harga. Jadi timingnya kita berharap ada penyesuaian harga untuk bahan bakar non subsidi atau bahan bakar umum," tandasnya.

Baca Juga:


Penjualan Pertalite Naik Drastis

Pertalite Resmi Meluncur Rp8.400/Liter

Penambahan Pasokan Pertalite Tergantung Pasar

Menkeu: Jangan Sampai Pertamina Menderita

(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5147 seconds (0.1#10.140)