NATO: Turki Tak Pernah Minta Bantuan Kami

Senin, 27 Juli 2015 - 19:36 WIB
NATO: Turki Tak Pernah Minta Bantuan Kami
NATO: Turki Tak Pernah Minta Bantuan Kami
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan permohonan dari Turki untuk membantu mereka melakukan serangan terhadap ISIS. Stoltenberg yakin, tanpa bantuan NATO, Turki sangat mampu untuk bisa mengalahkan ISIS.

Dirinya menyebut, Turki adalah salah satu negara dengan kekuatan militer yang sangat kuat di kawasan Timur Tengah. Oleh karena itu, tanpa bantuan NATO pun Turki akan bisa menghalau dan mengalahkan ISIS.

"Turki memiliki tentara yang sangat kuat dan pasukan keamanan yang sangat kuat. Jadi belum ada permintaan dukungan militer substansial kepada NATO," kata Stoltenberg, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (27/7/2015).

Namun, Stoltenberg juga memperingatkan Turki untuk tidak terlalu berfokus melakukan serangan udara ke Suriah ataupun Irak, dan sedikit melonggarkan pertahanan di dalam negeri. "Saat melawan ISIS, pertahanan diri harus proporsional," katanya.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada pemerintah Turki untuk tidak terus menerus melakukan serangan ke basis Kurdi. Sebab, lanjut Stoltenberg, hal itu bisa merusak upaya damai yang sangat berliku atau partai Kurdi dan pemerintah Turki.

"Selama bertahun-tahun telah ada kemajuan untuk mencoba menemukan solusi politik damai. Hal ini penting untuk tidak meninggalkan upaya damai, karena kekuatan tidak akan menyelesaikan konflik dalam jangka panjang," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5588 seconds (0.1#10.140)