Verstappen dalam Era Baru Pembalap Muda F1

Rabu, 29 Juli 2015 - 10:56 WIB
Verstappen dalam Era Baru Pembalap Muda F1
Verstappen dalam Era Baru Pembalap Muda F1
A A A
BUDAPEST - Finis di posisi keempat pada balapan F1 memang tidak se-prestisius memenangkan podium juara. Namun posisi empat yang diperoleh Max Verstappen usai balapan di GP Hungaria akhir pekan lalu merupakan hal isimewa.

Saat menandatangani kontrak untuk turun sebagai pembalap utama Toro Rosso, Verstappen banyak diragukan orang. Alih-alih karena prestasinya, Verstappen dipandang sebelah mata lantaran dia baru memulai debut balap F1 sebagai pembalap termuda sepanjang sejarah, yakni di usia 17 tahun.

Beberapa seniornya termasuk Lewis Hamilton (Mercedes) dan Sebastian Vettel (Ferrari) tidak mendukung jalan Verstappen di kasta tertinggi lomba balap mobil. Bahkan mereka meminta Federasi Balap Internasional (FIA) mengkaji ulang prosedur pemberian lisensi balap untuk driver Formula 1 karena menganggap FIA 'kecolongan' membiarkan Verstappen ikut balapan tahun ini.

Pembalap termuda sepanjang sejarah berhasil membuktikan anggapan itu salah. Pada balapan pertama di GP Hungaria akhir pekan lalu, Verstappen untuk kali pertama berhasil finis di empat besar, menyaingi duet Mercedes; Hamilton dan Nico Rosberg.

Sebagian pengamat menganggap keberhasilan Verstappen menapaki empat besar tak lepas dari kesalahan Mercedes yang kedua pembalapnya melepas podium juara di Sirkuit Hungaroring, namun sebagian lain melihatnya sebagai era baru generasi pembalap muda. "Ini luar biasa, hasil di Hungaroring adalah hal yang istimewa bagi saya, bagi karir saya," kata Verstappen saat itu, dikutip Autosport.

Selain Verstappen, pembalap muda lain yang bersinar di GP Hungaria 2015 akhir pekan lalu adalah Daniil Kvyat (21 tahun) yang merontokkan dominasi Mercedes. Pembalap Red Bull yang musim lalu hanya sebagai cadangan itu sukses finis di posisi kedua, di belakang Vettel yang memenangkan gelar juara. (Baca juga : Wonderkid F1 yang Siap Besinar Musim Ini)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4875 seconds (0.1#10.140)