Majukan Ekosistem UMKM, Kemendag Gandeng Ritel Modern Hingga Lembaga Pembiayaan

Senin, 20 Februari 2023 - 08:52 WIB
loading...
Majukan Ekosistem UMKM, Kemendag Gandeng Ritel Modern Hingga Lembaga Pembiayaan
Kemendag menyiapkan ekosistem untuk memajukan dan mengembangkan UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan sebuah ekosistem untuk memajukan dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut, ekosistem yang tengah dibangun itu antara lain akan mempertemukan UMKM dengan retail modern dan perusahaan grosir besar; membangun kapasitas pemasaran digital dan penjualan daring; serta keterlibatan perbankan dalam pembiayaan dan permodalan UMKM

“Kami sedang siapkan sebuah ekosistem untuk memajukan UMKM. Salah satunya menggandeng ritel modern untuk memberdayakan UMKM. Pelaku UMKM mendapatkan kesempatan untuk memasukkan beberapa produknya di dalam jaringan gerai ritel modern,” terangnya di kutip dalam keterangan resmi, Senin (20/2/2023).



Sementara, sambung dia, ritel modern dan perusahaan grosir besar mendapat kesempatan untuk memasok produk kebutuhan harian kepada pelaku UMKM yang memiliki warung. "Harga jual produk kebutuhan harian masyarakat yang dijual di warung UMKM akan lebih bersaing," jelas Mendag Zulhas.

Selain itu, Kementerian Perdagangan juga mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan pemasaran digital dan penjualan produk secara daring melalui berbagai platform. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat mengenalkan produknya kepada calon konsumen potensial di daerah lain di Indonesia maupun di mancanegara.

Lanjut Zulhas, Kementerian Perdagangan juga berkoordinasi dengan institusi dan lembaga perbankan terkait fasilitas pembiayaan dan permodalan bagi UMKM melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan tingkat suku bunga per tahun yang relatif lebih terjangkau.

Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan dapat menghindari para pelaku UMKM untuk meminjam modal ke rentenir dengan bunga tinggi yang justru akan menghambat perkembangan usahanya.



Ketua Partai Amanat Nasional itu juga menyampaikan, saat ini terbuka peluang ekspor bagi para pelaku UMKM yang memiliki potensi ekspor. Beraneka ragamnya produk UMKM yang ada, membuat peluang tersebut semakin terbuka lebar, termasuk untuk melakukan ekspor ke negara-negara nontradisional.

“Pasar Timur Tengah dan Afrika menjadi pasar tujuan ekspor yang menjanjikan bagi para pelaku UMKM nasional. Kementerian Perdagangan berkomitmen konsisten melakukan kerja sama perdagangan dengan negara-negara nontradisional untuk meningkatkan nilai ekspor,” pungkas Zulhas.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)