Wow! Perusahaan Ini Beri Bonus Rp3,2 M per Orang

Kamis, 30 Juli 2015 - 10:51 WIB
Wow! Perusahaan Ini Beri Bonus Rp3,2 M per Orang
Wow! Perusahaan Ini Beri Bonus Rp3,2 M per Orang
A A A
LONDON - Pengusaha pengiriman makanan asal Turki Yemeksepeti bernama Nevzat Aydin menebar bonus untuk 114 karyawannya, dengan masing-masing mendapat USD237 ribu atau sekitar Rp3,2 miliar per orang (kurs Rp13.465/USD).

Nevzat menggelontorkan sebanyak USD27 juta atau sekitar Rp363,5 miliar untuk bonus karyawan tersebut, setelah menjual perusahaannya seharga USD589 juta.

Di mengatakan, karyawannya pantas untuk mendapatkan keuntungan atas penjualan perusahaannya ke Germany's Delivery Hero.

"Kisah sukses Yemeksepeti ini tidak terjadi dalam semalam, dan banyak orang yang berpartisipasi dalam perjalanan ini dengan kerja keras dan bakat," katanya seperti dilansir dari CNNMoney, Kamis (30/7/2015).

Yemeksepeti diluncurkan 15 tahun lalu oleh Aydin dan tiga rekannya. Sekarang perusahaan kurir makanan tersebut telah memiliki 370 karyawan, dan mampu mengirim makanan sebanyak tiga juta kali setiap bulannya.

Para karyawannya tersebut rata-rata mendapatkan sekitar Rp3,2 miliar per orang, yang dikeluarkan dari hasil penjualan perusahaan. Banyaknya bonus yang diterima karyawan, disesuaikan pada kinerja dan lamanya mereka bekerja di Yemeksepeti.

Hanya karyawan yang telah bekerja di perusahaan tersebut selama dua tahun yang mendapatkan bonus fantastis itu. "Dan mereka potensi masa depan di perusahaan," imbuh dia.

Selama ini, Aydin membayar karyawannya antara USD1.000 hingga USD2.000 per bulan. Hal tersebut berarti, bonus yang diterimanya bernilai sekitar 150 kali upah bulanan mereka.

Nedim Nahmias merupakan salah satu karyawan yang menerima bonus miliaran tersebut. Dia mulai bekerja sebagai operator call center 10 tahun lalu. Rencana bagi-bagi bonus tersebut sejatinya telah sampai ke telinganya, namun Nahmias tak mengetahui berapa jumlah bonus yang akan diberikan.

"Percakapan menjadi sangat emosional bagi kami berdua. Paket bonus ini mengubah hidup bagi kami semua," tuturnya.

Nahmias yang baru-baru ini bertunangan enggan mengatakan berapa banyak bonus yang diterima dari bosnya tersebut. "Anggap saja uang yang saya terima akan mencakup banyak biaya potensial dari rencana saya untuk menikah," katanya.

Yemeksepeti merupakan salah satu merek tersukses di Turki. Perusahaan ini juga beroperasi di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Lebanon, Oman, Qatar, dan Yordania.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0388 seconds (0.1#10.140)