Terjunkan 30 Jet, Turki Bombardir Basis Kurdi di Irak

Jum'at, 31 Juli 2015 - 15:44 WIB
Terjunkan 30 Jet, Turki Bombardir Basis Kurdi di Irak
Terjunkan 30 Jet, Turki Bombardir Basis Kurdi di Irak
A A A
ANKARA - Pemerintah Turki terus melakukan serangan tehadap basis Kurdi yang dinilai berafiliasi dengan Partai Buruh Kurdistan (PKK) di Irak. Dalam serangan terbaru, Turki dilaporkan menerjunkan 30 jet tempurnya.

Menurut laporan media di Turki, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (31/7/2015), serangan tersebut berfokus pada wilayah otonom Kurdi yang berada di utara Irak. Serangan ini disebut-sebut sebagai pembalasan atas serangan PKK yang menewaskan tiga tentara Turki.

"Pesawat F-16 menyerang lima titik di Irak utara dan menargetkan lokasi penampungan, dua gudang, dan depot persenjataan yang diduga milik PKK," bunyi laporan media-media di Turki.

Serangan ini sendiri terjadi di tengah kecaman yang muncul dari pemerintah Irak, yang menilai serangan itu telah melanggar kedaulatan mereka. Irak juga menilai serangan-serangan bisa memunculkan konflik lebih lanjut di kawasan Timur Tengah.

"Pemerintah Irak mengutuk serangan Turki pada militan Kurdi di Irak utara, karena dapat menyebabkan eskalasi berbahaya dan itu merupakan serangan terhadap kedaulatan Irak," bunyi pernyataan pemerintah Irak pada beberapa hari lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5807 seconds (0.1#10.140)