Sofyan Klaim El Nino Beri Dampak Positif bagi Nelayan

Jum'at, 31 Juli 2015 - 21:28 WIB
Sofyan Klaim El Nino Beri Dampak Positif bagi Nelayan
Sofyan Klaim El Nino Beri Dampak Positif bagi Nelayan
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengklaim fenomena El Nino memiliki dampak positif terhadap nelayan. Menurutnya, atas fenomena alam ini produksi ikan di laut akan berlimpah.

"Karena terjadi pemanasan laut, sehingga planktonnya berkembang bagus sekali. Maka produksi ikan akan sangat berlimpah," ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Adapun dampak negatif dari fenomena El Nino, kata Sofyan, adalah kekeringan di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Jawa, Sulawesi Selatan, Lampung, Bali, NTT dan NTB. Maka itu, stok pangan terancam karena sawah kekeringan.

Dia menegaskan hingga saat ini kondisi beras nasional masih aman dan cukup hingga akhir tahun, karena stok cadangan beras nasional mencapai 1,5 juta ton.

‪"Tapi tergantung lagi, ini kita lihat lagi apa yang terjadi di lapangan berapa luas daerah terkena El Nino angkanya itu. Masih beda-beda," imbuhnya.‬

Hal senada dikatakan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo. "Jadi, El Nino dilaporkan ada kemarau panjang, gagal panen, kebakaran hutan dan lahan, kelangkaan air, namun di beberapa tempat ikan justru melimpah," kata Indroyono.

Baca juga:

DPR Puji Susi Bebaskan Bea Masuk Perikanan ke AS

Keyakinan Konsumen di Indonesia Juli Turun
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8337 seconds (0.1#10.140)