Produksi Minyak Turun 55 Ribu Barel per Hari

Minggu, 02 Agustus 2015 - 11:47 WIB
Produksi Minyak Turun 55 Ribu Barel per Hari
Produksi Minyak Turun 55 Ribu Barel per Hari
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, insiden kerusuhan yang terjadi di lapangan migas Banyu Urip, Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur menyebabkan produksi minyak di lapangan tersebut turun 55 ribu barel per hari (bph).

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengungkapkan, pengurangan produksi hari ini dilakukan pada Early Oil Expansion (EOE) & Well Pad B dengan potensi loss +/- 50.000-55.000 barel per hari.

"Namun, jika (hari ini) sudah kondusif, akan diproduksikan dan dapat normal kembali," katanya seperti dalam rilis di Jakarta, Minggu (2/8/2015). (Baca: Blok Cepu Rusuh, Produksi Minyak Dihentikan Sementara)

Dia mengungkapkan, pihaknya saat ini terus memantau dan mengawal normalisasi kegiatan produksi usai insiden yang terjadi di Blok Cepu.

"Langkah-langkah penanganan sedang dan akan terus dilakukan. Untuk mencegah dampak yang lebih besar, maka beberapa fasilitas strategis diamankan, sebagai efeknya produksi agak menurun sedikit," imbuh dia.

Pemerintah Daerah (Pemda) Bojonegoro, aparat berwajib serta para pihak terkait akan melakukan pertemuan untuk menuntaskan segala sesuatu terkait insiden ini. "Senin akan diadakan rapat lanjutan untuk memulihkan kondisi yang terganggu akibat insiden ini," pungkasnya.

Sekadar informasi, kerusuhan pecah di lapangan migas Banyu Urip, Blok Cepu, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro kemarin (1/8/2015). Ribuan pekerja mengamuk dan membakar sejumlah fasilitas proyek.

Situasi mencekam terjadi sekitar pukul 12.00 WIB di lokasi Engineering, Procurement and Constructions (EPC) I Banyu Urip. Ribuan karyawan PT Tripatra Samsung, rekanan Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL)— pengelola lapangan migas Banyu Urip Blok Cepu, meluapkan amarah setelah gagal keluar area proyek untuk makan siang. Bermula dari letupan emosi, massa semakin tak terkendali. (lly)

Baca juga:

Blok Cepu Rusuh, Pekerja Bakar Fasilitas Proyek
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6555 seconds (0.1#10.140)