3 Perbedaan Bom Atom dan Bom Hidrogen Berdasarkan Daya Ledak

Selasa, 21 Februari 2023 - 15:25 WIB
loading...
3 Perbedaan Bom Atom dan Bom Hidrogen Berdasarkan Daya Ledak
3 Perbedaan Bom Atom dan Bom Hidrogen. FOTO/ AFP
A A A
JAKARTA - Perbedaan bom atom dan bom hidrogen yang biasa digunakan dalam perang atau aksi terorisme. 2 jenis bom ini punya efek khusus yang tentunya sangat menghancurkan.



Pada Perang Dunia II, kota Hirosima dan Nagasaki dihancurkan menggunakan bom atom oleh Amerika Serikat. Hal ini mengakibatkan pemerintah Jepang tidak berdaya dan harus menyerah. Tahukah kamu, ada bom lain yang lebih dahsyat dari bom atom. Bom tersebut adalah Bom Hidrogen.

Bom atom dan bom hidrogen keduanya termasuk kedalam jenis senjata nuklir, tetapi kedua benda ini sangat berbeda satu sama lain.

Berikut adalah perbedaan bom atom dan hidrogen.

1. Sumber Energi Ledakan

Senjata nuklir terdiri dari dua tipe dasar. Jenis pertama hanya menghasilkan energi ledakan dari reaksi fisi. Senjata jenis ini sering disebut bom atom (atomic bomb, atom bomb). Energinya hanya dapat berasal dari inti atom.

Tipe kedua menghasilkan sebagian mulia energinya melewati reaksi fusi nuklir. Senjata jenis ini disebut senjata termonuklir atau bom hidrogen (disingkat sbg bom-H), karena tipe ini didasari bagian fusi nuklir yang menggabungkan isotop-isotop hidrogen (deuterium dan tritium).

2. Kekuatan Ledakan

Energi yang dilepaskan oleh bom atom diyakini memiliki kekuatan satu ton TNT hingga 500 kiloton TNT. Bom atom yang pernah digunakan untuk membunuh jutaan manusia adalah bom atom milik AS yaitu ‘Fat Man’ dan ‘Little Boy’ dengan kekuatan 15 kiloton TNT dan 20 kiloton TNT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)