Biodata dan Agama Patricio Manuel, Petinju Transgender Profesional Pertama di Dunia

Kamis, 23 Februari 2023 - 07:00 WIB
loading...
Biodata dan Agama Patricio Manuel, Petinju Transgender Profesional Pertama di Dunia
Biodata dan Agama Patricio Manuel, Petinju Transgender. Foto: Mirror
A A A
CALINFORNIA - Patricio Manuel merupakan petinju transgender profesional pertama di dunia. Profil beserta agamanya akan di bahas di dalam artikel ini.

Manuel lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat, pada 22 Juli 1985. Kala itu, dia terlahir dalam kondisi berkelamin perempuan.



Petarung berpostur 168 cm itu dibesarkan oleh Ibunda yang berdarah Amerika Serikat-Irlandia yang merupakan orang tua tunggal dibantu sang nenek dan pamannya. Sementara Ayahnya merupakan orang Afrika-Amerika.

Hidup dalam lingkungan yang keras membuat Manuel tumbuh menjadi seorang petinju yang hebat. Dia sukses menjadi juara tinju amatir nasional di Amerika Serikat sebanyak lima kali. Dia pun sempat ikut serta dalam uji coba tim tinju perempuan Amerika Serikat untuk Olimpiade London 2012.

Setelah itu, barulah Manuel teridentifikasi sebagai seorang pria. Lalu, pada 2013, dia mulai melakukan proses transisi untuk menjadi pria seutuhnya lewat perawatan hormon.

Usai melewati proses tersebut, pada 2014 Manuel akhirnya melakukan operasi kelamin di Salt Lake City. Alhasil, hidupnya benar-benar berubah sejak itu karena dia telah menjadi seorang pria.

Pada 8 Desember 2018, Cacahuate -julukan Manuel- melakukan debutnya sebagai petinju profesional di Indio, California. Momen itulah yang membuatnya tercatat dalam sejarah sebagai petinju transgender profesional pertama di dunia.

Pada saat itu Manuel bertarung melawan Hugo Aguilar. Hasilnya pun mencenangkan karena dia sukses meraih kemenangan mutlak lewat empat ronde dengan skor 39-37 dari juri.

Laga itu pun menjadi pertarungan pertama dan terakhirnya di dunia tinju profesional. Petinju berusia 37 tahun itu belum naik ring lagi sampai saat ini.

Untuk agama Manuel juga belum diketahui. Dia tak menunjukkan preferensinya dalam beragama di laman media sosialnya.

Nama: Patricio Manuel
Kelahiran: Santa Monica, California, 22 Juli 1985
Kebangsaan: Amerika Serikat
Postur: 168 cm
Kelas: Super featherweight
Agama: -
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)