IPW: Operasional Terminal Kontainer Kalibaru Tak Maksimal

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 01:28 WIB
IPW: Operasional Terminal Kontainer Kalibaru Tak Maksimal
IPW: Operasional Terminal Kontainer Kalibaru Tak Maksimal
A A A
JAKARTA - Indonesian Port Watch (IPW) menilai, pengoperasian terminal kontainer Kalibaru, Jakarta Utara hingga kini belum maksimal. Padahal, petinggi Pelindo II menegaskan terminal Kalibaru sudah rampung dibangun 100%.

"Ini pelanggaran mendasar yang dilakukan Pelindo II karena tidak dapat mengoperasikan terminal Kalibaru sesuai tenggat waktu yang ditentukan," ujar Ketua Umum IPW Syaiful Hasan dalam rilisnya, Kamis (13/8/2015).

Padahal, lanjut dia, tugas Pelindo II yang tercantum pada pasal 5 Perpres 36/2012, bukan sekadar membangun melainkan mulai mengoperasikan Terminal Kalibaru pada 2014.

Beberapa waktu sebelumnya, lanjut Syaiful, petinggi Pelindo II menyatakan Kalibaru akan mulai beroperasi September 2015. Sungguh ironis dalam pernyataan pers terakhir Pelindo II hanya bicara tentang pembangunan dan sama sekali belum menyinggung pengoperasian.

"Belum lagi akses jalan masuk Kalibaru yang belum jelas membuat proyek ini diprediksi akan terlambat lagi untuk bisa dioperasikan," terangnya.

Untuk itu, lanjut dia, IPW melihat bahwa ketidakcakapan petinggi Pelindo dalam memenuhi komitmen perlu dievaluasi. IPW meminta pemerintah turun tangan melakukan audit investigatif terhadap kinerja petinggi Pelindo II dalam pembangunan Kalibaru.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0129 seconds (0.1#10.140)