IHSG Jeblok, OJK Diminta Lakukan Ini

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 15:11 WIB
IHSG Jeblok, OJK Diminta Lakukan Ini
IHSG Jeblok, OJK Diminta Lakukan Ini
A A A
JAKARTA - Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan kondisi pasar saat ini, yang membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) makin jeblok.

"Dari OJK sendiri ada langkah yang diambil mereka, kira-kira ada penjelasan dari mereka. Apa yang terjadi pada kondisi pasar?" ujarnya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Reza menjelaskan, maksud dari pernyataannya adalah meminta pandangan OJK serta langkah antisipasi yang akan dilakukan.

"Terus itu sebenarnya yang lagi ditunggu pelaku pasar adalah antisipasi jangka pendek seperti apa? Jangan bilang genjot anggaran, yang realistis aja," jelas Reza.

Sementara itu, dia menambahkan, kebijakan Bank Indonesia (BI) yang membatasi penggunaan valuta asing (valas) di dalam negeri masih belum terlihat dampaknya.

"Dampak secara langsung belum. Mungkin ke depan kita harapkan ada dampak realisasi kebijakan BI," katanya.

Sementara sentimen positif belum juga menghampiri pasar modal Tanah Air, sehingga langkah pemerintah ditunggu oleh banyak pihak.

"Kalau kondisi seperti ini, apa langkah pemerintah yang harus dilakukan kemudian?" pungkas Reza.

Sementara pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di DPR hingga perombakan (reshuffle) kabinet belum mampu bangkitkan IHSG. Reza menjelaskan, sebenarnya ada tiga kesempatan yang bisa membuat IHSG kembali menguat setelah dan sekian lama terpuruk di bawah level 5.000.

"Pertama Jokowi datang ke IDX, kedua reshuffle kabinet, ketiga pidato kenegaraan. Lewat semua itu dan tidak terlalu mendapat respon positif pasar," ujarnya.


Baca:

Bursa Asia Anjlok, IHSG Sesi I Jeblok 91 Poin

Bursa Asia Meluncur, IHSG Dibuka Ambles ke 4.400

(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5281 seconds (0.1#10.140)