Pasar Bergejolak, BEI Antisipasi Spekulator Untung Miliaran USD

Kamis, 27 Agustus 2015 - 17:19 WIB
Pasar Bergejolak, BEI Antisipasi Spekulator Untung Miliaran USD
Pasar Bergejolak, BEI Antisipasi Spekulator Untung Miliaran USD
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengantisipasi spekulator mengambil keuntungan mencapai miliaran dolar Amerika Serikat (USD) seperti pada 1998.

Dia menyampaikan, tidak mau para spekulan tersebut memanfaatkan kondisi pasar saham dan uang di Tanah Air yang sedang bergejolak.

"Saya tidak mau kasus 1998, para spekulator untung miliaran USD dari gejolak rupiah dan pasar modal," ujarnya di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Menurut dia, berbagai cara spekulasi dilakukan oleh investor, seperti dengan melakukan short selling di luar ketentuan. Jika terbukti melakukan, pihaknya akan menindak tegas.

"Yang paling keras stop mereka berdagang di bursa jika terbukti. Saya akan taruhkan semuanya karena bisa rusak semua itu. Tolong jaga market ini," jelas Tito.

Dia menambahkan, situasi fundamental ekonomi emiten pada tahun ini berbeda dengan yang terjadi pada 1998. Dia menegaskan, jangan sampai asing memanfaatkan situasi gejolak yang terjadi.

"Data fundamental ekonomi beda dengan 1998 dan 2008, 70% emiten rugi di 1998. Kalau dibiarkan, dia (asing) sudah incar Indonesia, kita tahan," pungkasnya.

Baca:

BEI Periksa Tujuh Broker Terkait Transaksi Short Selling

BEI Tindak Transaksi Short Selling Langgar Ketentuan
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9256 seconds (0.1#10.140)