Bos IMF Tidak Bisa Intervensi Indonesia

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 21:31 WIB
Bos IMF Tidak Bisa Intervensi Indonesia
Bos IMF Tidak Bisa Intervensi Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, kedatangan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde tidak bisa mengintervensi pemerintah Indonesia.

‪"Tidak ada yang bisa intervensi Presiden Jokowi atau pemerintah ini.‬ Saya ulangi, tidak ada yang bisa intervensi. Kami punya langkah-langkah yang jelas, terukur yang bisa kita pertanggungjawabkan kepada siapapun," tegas Luhut di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (28/8/2015).

Dia mengakui, saat menjabat Kepala Staf Presiden (KSP), dirinya beberapa kali ditemui oleh perwakilan IMF di Indonesia yang meminta kesediaan Presiden Jokowi menerima Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde.

"Dia minta bertemu Presiden untuk menyampaikan pandangan-pandangan dia mengenai langkah-langkah yang dilakukan oleh Indonesia yang menurut perwakilan IMF itu sudah dilakukan dengan baik. Saya ulangi, jadi tidak ada pikiran-pikiran kedatangan bos IMF itu seperti tahun 1998," jelasnya.

‬Dalam pertemuan tersebut, mantan Dansat Gultor 81 Kopassus ini menyampaikan kedatangan IMF malah membuat masalah di Indonesia pada 1998. "Saya Menperindag 2000-2001 dan itu saya katakan pada perwakilan IMF di sini, kalian membuat negara kami ini jadi kacau balau," bebernya.

‬Pemerintah Indonesia, kata Luhut, tidak perlu meminjam uang ke IMF. Apalagi, pemerintah saat ini sedang merampungkan proses pengeluaran uang sebesar Rp273 triliun untuk daerah-daerah, ditambah Rp20 triliun dana pedesaan dan Rp160 triliun untuk BUMN.

"Itu masih proses yang kita kejar.‬ Jadi, kita tidak terpikir untuk meminjam ke IMF. Kita tidak ada urusan dengan masalah IMF," kata Luhut.

Disinggung soal kesediaan Presiden Jokowi menerima IMF, Luhut mengatakan, kemungkinan Presiden akan menerimanya. "Ya Presiden, tamu datang ke rumah masa enggak ditemui," ucapnya.

Kedatangan IMF ke Indonesia, lanjut Luhut, kemungkinan ingin meminta masukan mengenai bagaimana menangani masalah-masalah ekonomi.

‪‪"Ya mungkin dia (IMF) belajar dari kita bisa menangani masalah. ‪Tidak ada urusan soal masalah bantuan pinjam meminjam apalagi kita mau minta advice kepada IMF. Mungkin IMF bisa minta pada kita bagaimana menangani masalah-masalah krisis ekonomi khususnya di negara-negara berkembang," tandasnya.

Baca juga
:

Ekonomi Melemah, Bos IMF Akan Datangi Indonesia

Menkeu: Kedatangan Bos IMF Sudah Direncanakan 8 Bulan

Ini Kata Gubernur BI soal Kedatangan Bos IMF ke RI
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2961 seconds (0.1#10.140)