Menteri Basuki Resmikan Penggenangan Waduk Jatigede

Senin, 31 Agustus 2015 - 14:50 WIB
Menteri Basuki Resmikan Penggenangan Waduk Jatigede
Menteri Basuki Resmikan Penggenangan Waduk Jatigede
A A A
SUMEDANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono meresmikan penggenangan awal Waduk Jatigede yang berada di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Peresmian dilakukan dengan menutup saluran pengelak untuk menampung air yang akan menggenani waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. "Ini adalah waduk ‎ke 231 di Indonesia," katanya saat memberikan sambutan, Senin (31/8/2015).

Basuki mengungkapkan, pembangunan waduk tersebut belum 100% selesai. Namun pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan semuanya sesuai target 220 hari agar waduk bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Tidak ada niat pemerintah untuk menyengsarakan rakyat. Semuanya pasti untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," tutur dia.

berdasarkan pantauan di lapangan, acara penggenangan awal Waduk Jatigede juga dihadiri sejumlah muspida jabar seperti Gubernur Jabar, Ketua DPRD Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Dirjen Sumber Daya Air, dan Ketua Komisi V DPR RI.

Pasca penggenangan yang diawali dengan menutup saluran pengelak terlihat dasar waduk mulai digenangi air yang berasal dari aliran Sungai Cimanuk yang mengalir di sepanjang Kabupaten Sumedang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3322 seconds (0.1#10.140)