Darmin: RI Belum Berhasil Lakukan Transformasi Birokrasi

Senin, 31 Agustus 2015 - 18:36 WIB
Darmin: RI Belum Berhasil Lakukan Transformasi Birokrasi
Darmin: RI Belum Berhasil Lakukan Transformasi Birokrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian ‎Darmin Nasution menilai Indonesia belum berhasil melakukan transformasi birokrasi dan struktural dalam rangka mendongkrak perekonomian Indonesia.

Dia menjelaskan, transformasi ekonomi yang berhasil sedianya dapat dilihat dari tingkat produktivitas masyarakat yang meningkat. Namun, hal tersebut belum terlihat pada masyarakat di Tanah Air.

"Begini, ekonomi yang berhasil adalah ekonomi yang masyarakatnya produktivitasnya naik, kalau petani, nanamnya tidak hanya singkong, bisa sayur yang lebih mahal, bisa buah-buahan, bisa bunga dan sebagainya. Harganya mahal lho bunga," katanya di gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menuturkan bahwa selama 15 tahun terakhir, Indonesia hanya fokus pada industri praktis yang tidak bisa jadi motor penggerak ekonomi. "Ditambah kebijakan lain itu modal dasar untuk lahirkan transformasi ekonomi," imbuh dia.

Darmin menambahkan, pemerintah belum berhasil menggerakkan dana masyarakat masuk ke bank. Akibatnya, tabungan (saving) masyarakat untuk menopang perekonomian Indonesia kecil.

"Pertama, kita belum berhasil menggerakkan dana masyarakat masuk ke bank. Banyak sekali dana di luar sana yang kemudian disimpan di lemari di bawah bantal. Kedua, faktor suplai side kurang dikembangkan, yang namanya SDM," terangnya.

Menurutnya, untuk menarik dana masyarakat agar bisa masuk ke perbankan dapat dilakukan dengan mengembangkan agen bank seperti menggunakan e-money.

"‎Saya memancing supaya diskusi jangan lupa pada faktor itu. Bukan mau mengatakan hanya itu yang mau didiskusikan‎," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6747 seconds (0.1#10.140)