Rini Minta Bank Semua Jalan Tol Pakai E-toll

Selasa, 01 September 2015 - 06:03 WIB
Rini Minta Bank Semua Jalan Tol Pakai E-toll
Rini Minta Bank Semua Jalan Tol Pakai E-toll
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno berharap kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seluruh jalan tol di Indonesia bisa dikembangkan menggunakan e-toll.

"Seluruh jalan tol Indonesia harus pakai e-toll. Ini non-cash yang harus terus ditingkatkan. Sehingga gerbang tol tidak usah menyediakan uang tunai. Jadi, keamanan terjaga karena tidak pakai uang cash," jelasnya di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Rini juga meminta, kereta api dan MRT bisa memakai e-toll. "Ini harus betul-betul menjadikan program, bank-bank BUMN juga bisa memanfaatkan ini untuk pembayaran yang lain," ujarnya.

Sebelumnya, Rini menyaksikan penandatanganan kesepahaman sinergi bank-bank milik negara yang ditandatangani Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Direktur Utama BTN Maryono di Gerbang Tol Kapuk, Jakarta.

Melalui sinergi ini, masyarakat dapat menggunakan Mandiri e-money, BRI Brizzi, BNI TapCash dan e-money Bank BTN untuk melakukan pembayaran jalan tol setelah implementasi sistem di semua gardu/pintu tol selesai dalam waktu dekat ini.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin menuturkan, implementasi e-payment jalan tol oleh bank milik negara dan Jasa Marga ini merupakan salah satu realisasi sinergi yang selalu disampaikan Kementerian BUMN.

Bank Mandiri meyakini, dengan semakin banyaknya uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol, masyarakat tentu akan semakin mudah dan nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran tol sehingga mobilitasnya semakin optimal. "Implementasi ini sekaligus untuk mendukung gerakan nasional nontunai," tandas Budi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5893 seconds (0.1#10.140)