Pilu dan Diselimuti Kesedihan, Begini Gambaran Istana Majapahit saat Raden Wijaya Mangkat

Senin, 06 Maret 2023 - 10:03 WIB
loading...
Pilu dan Diselimuti Kesedihan, Begini Gambaran Istana Majapahit saat Raden Wijaya Mangkat
Situasi Istana Majapahit, hasil pencitraan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diunggak akun Instagram @ainusantara, Raja Majapahit, Raden Wijaya yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana mangkat. Foto/Instagram/@ainusantara
A A A
Sang raja terlihat terbaring lemah di peraduan. Sisa kegagahannya masih terpancar, meskipun kian memudar. Sejumlah petinggi Kerajaan Majapahit, nampak duduk dengan khusyuk menemani tubuh lemah Sang Kertarajasa Jayawardhana.



Kegelisahan melanda seluruh negeri Majapahit. Rakyat dari berbagai golongan beramai-ramai mendatangi Alun-alun Majapahit, untuk menggelar doa bersama demi kesembuhan Raden Wijaya, pendiri dan juga raja pertama Majapahit.



Para prajurit kerajaan yang biasanya tampil gagah berani, kini juga dilingkupi kegelisahan dan kesedihan. Mereka sangat berharap Raja Majapahit yang telah belasan tahun menjadi junjungannya, segera bisa kembali ke tahtanya dan memimpin roda pemerintahan.



Berbagai upaya telah dilakukan oleh para dukun, tabib, dan ahli obat-obatan, untuk dapat menyembuhkan sang raja. Sayangnya, upaya keras itu belum membuahkan hasil. Sang pencipta lebih mencintai Raja Majapahit tersebut, hingga memanggilnya kembali dalam keabadian.

Suasana hening begitu terasa di pusat hingga pinggiran Majapahit, saat Kertarajasa Jayawardhana mangkat. Warga berdiri berjajar di tepi jalan untuk memberikan penghormatan terakhir, saat iring-iringan prajurit mengantarkan jenazah sang raja ke tempat peristirahatan terakhir di Candi Simping.

Suasana Majapahit, kala Raden Wijaya yang memiliki gelar Kertarajasa Jayawardhana mangkat, begitu syahdu dan pilu digambarkan dalam video yang berisi rangkaian potongan-potongan gambar hasil pencitraan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diunggah akun Instagram @ainusantara.

Pilu dan Diselimuti Kesedihan, Begini Gambaran Istana Majapahit saat Raden Wijaya Mangkat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4846 seconds (0.1#10.140)