Buruh Tiga Jenis Pabrik Ini Terancam PHK

Selasa, 01 September 2015 - 14:44 WIB
Buruh Tiga Jenis Pabrik Ini Terancam PHK
Buruh Tiga Jenis Pabrik Ini Terancam PHK
A A A
DEPOK - Kenaikan berlanjut nilai tukar dolar Amerika Serikat (USD) terhadap rupiah dikhawatirkan buruh Depok. Mereka khawatir terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ancaman terutama ditakutkan oleh buruh pabrik yang memproduksi barang dengan bahan baku impor. Sedikitnya ada tiga jenis pabrik yang dikhawatirkan terkena dampak, yakni pabrik garmen, tekstil dan daging olahan.

"Kami suarakan tuntutan antisipasi PHK karena imbas USD naik. Ini perusahaan yang gunakan bahan baku impor terancam gulung tikar, yakni tekstil, garmen," kata Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Depok Wido Pratikno, Selasa (1/9/2015).

Dia mencontohkan, perusahaan daging olahan, seperti daging sosis dan nugget menggunakan bahan baku impor. Karena itu,
karyawan di tiga pabrik tersebut resah menyikapi kondisi saat ini.

"Bahannya impor, naikkan harga enggak mungkin. Sementara bahan pokok mahal. Ini industri sudah megap-megap, meskipun di Depok sejauh ini aman-aman saja walaupun mereka resah," papar Wido.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menyebutkan, sejauh ini belum ada laporan terkait adanya PHK buruh di Depok. Dia meminta agar setiap perusahaan tetap tenang meningkatkan kapasitas produksi.

"Industri sebaiknya tetap tingkatkan kapasitas produksi," jelasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4045 seconds (0.1#10.140)