Kata Mantan Kepala BKF Soal Kedatangan Bos IMF

Rabu, 02 September 2015 - 15:30 WIB
Kata Mantan Kepala BKF Soal Kedatangan Bos IMF
Kata Mantan Kepala BKF Soal Kedatangan Bos IMF
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Anggito Abimanyu mengatakan, kedatangan bos International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde ke Indonesia tidak selalu membahas soal utang.

Menurut dia, lembaga keuangan dunia tersebut sudah mengalami transformasi sejak 2009, dari memberikan solusi berupa utang menjadi melakukan pencegahan krisis.

"Saya termasuk ada dalam transformasi tersebut. Dulunya iya memang, membantu dengan utang, sekarang lebih bagaimana mengantisipasi agar tidak terjadi krisis di suatu negara," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Anggito menyampaikan, kedatangan bos IMF saat ini lebih kepada memaparkan pandangannya mengenai kondisi terkini perekonomian di Tanah Air, serta memperingatkan agar tidak terjadi krisis akibat pertumbuhan ekonomi yang melambat.

"Dia kan menjelaskan apa saja permasalahan ekonomi yang sedang dihadapi oleh Indonesia," jelas dia.

Kembali soal utang, dia menuturkan, Indonesia belum perlu meminjam kepada IMF karena kondisi fundamental ekonomi masih tergolong cukup baik.

"Kita tidak perlu (berutang), kita sudah punya cadangan devisa lebih dari cukup USD175 miliar. Dulu pinjaman dari IMF dimanfaatkan untuk menambah cadangan devisa," pungkasnya.

(Baca: IMF: RI Siap Hadapi Gejolak Ekonomi)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7546 seconds (0.1#10.140)