Harga Cabai di Daerah Ini Melonjak

Selasa, 08 September 2015 - 03:29 WIB
Harga Cabai di Daerah Ini Melonjak
Harga Cabai di Daerah Ini Melonjak
A A A
TOMOHON - Kemarau panjang yang terjadi saat ini mulai memengaruhi produksi pertanian. Imbasnya harga komoditas mulai mengalami peningkatan drastis dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya harga cabai yang terus melonjak.

Seperti yang terjadi di Pasar Beriman, Tomohon, Sulawesi Utara. Harga cabai dan sayuran mengalami kenaikan hingga lebih dari 100%.

Eto Wuner, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Beriman, Tomohon mengatakan, kenaikan harga paling tinggi kemungkinan akan terjadi pada cabai. Dia memprediksi harga cabai hari ini akan mengalami kenaikan sekitar Rp100.000 per kilogram. Kondisi ini dikarenakan pasokan cabai semakin menipis.

"Sekarang cabai mengandalkan pasokan dari Gorontalo dan Surabaya. Tadi pemasok telah menginformasikan harga cabai akan naik Rp85.000 per kilogram untuk tingkat penjual. Artinya, besok (hari ini) kemungkinan harga cabai akan tembus Rp100.000 per kilogram. Harga naik drastis dibanding hari ini hanya Rp75.000 per kilogram," ujarnya, Senin (7/9/2015).

Lenda, seorang pedagang mengatakan komoditas sayuran seperti sawi dan kol telah naik drastis. Dia mencontohkan harga sawi beberapa pekan lalu hanya Rp4.000 per buah, namun sekarang sudah naik menjadi Rp10.000 per buah.

"Semua kenaikan harga ini karena musim kemarau. Pekan depan kemungkinan harga sayuran bisa naik sampai 100 persen dari harga saat ini," ujarnya.

Frans Lapian, pengusahan rumah makan di komplek pertokoan Kota Tomohon mengatakan, kondisi saat ini semakin sulit untuk usahanya. Dia mengeluh semua bahan baku makanan mengalami kenaikan cukup signifikan.

"Beras, rempah-rempah, sayur, sampai daging mengalami kenaikan harga. Cukup sulit menjalankan usaha saat ini karena tidak bisa langsung menaikkan harga jual makanan. Kami hanya bisa sedikit mengurangi porsi yang disajikan untuk pelanggan," tuturnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4716 seconds (0.1#10.140)