Ini Manfaat Bangun Infrastruktur Logistik

Senin, 28 September 2015 - 12:36 WIB
Ini Manfaat Bangun Infrastruktur Logistik
Ini Manfaat Bangun Infrastruktur Logistik
A A A
JAKARTA - Pemerintah harus mulai fokus pada pembangunan infrastruktur logistik nasional untuk menekan biaya logistik di tengah kondisi pelemahan ekonomi yang terimbas dari pelemahan global.

Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarde Indonesia (ALFI) Yuki Nugrahawan mengatakan, jika angka logistik mampu ditekan maka akan menaikkan pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkat 0,38% hingga 1%.

"Kalau pemerintah fokus pembangunan infrastruktur untuk logistik, biaya logistik akan efektif mampu menurukan 5% dari cost logistik kita, saya yakin pertumbuhan ekonomi akan meningkat 0,38%-1%," ujarnya di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Di sisi lain, pihaknya juga melihat isu logistik selalu menjadi isu panas saat ini. Atasa dasar itu, kendala yang dihadapi logistik harus segera diselesaikan. "Dari mulai dwelling time kan beberapa waktu lalu menjadi isu panas. Karena proses logistik ini sangat memengaruhi sistem perdagangan yang ada," tutur dia.

Menurutnya, hal ini akan sangat menarik bagi Indonesia jika dilakukan dengan nyata yang membuat investasi meningkat. Logistik memang menjadi kendala yang dialami investor selama ini.

"Kami usulkan saja pembangunan infrastruktur saat ini bisa di optimalisasi. Di mana logistik masih menjadi kendala yang dialamai pelaku usaha dan investor. Mesti di implementasikan secara nyata nantinya," tutup Yuki.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3699 seconds (0.1#10.140)