Portal INSW Dinilai Penting untuk Hadapi MEA

Rabu, 30 September 2015 - 17:46 WIB
Portal INSW Dinilai Penting untuk Hadapi MEA
Portal INSW Dinilai Penting untuk Hadapi MEA
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, peran portal Indonesia National Single Window (INSW) sangat membantu kepentingan nasional dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016.

Hal ini menjadi titik penting Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara ASEAN yang turut serta dalam kegiatan MEA. Sebab, dalam INSW tersebut terdapat efisiensi pelayanan publik yang dapat membantu mempercepat perizinan dalam kegiatan ekspor impor. (Baca: Permudah Izin Ekspor-Impor, Pemerintah Luncurkan INSW).

"Mengingat pentinganya peranan INSW sebagai bagian dari ASEAN single window yang menjaga kepentingan nasional dalam MEA 2016 dan efisiensi pelayanan ‎publik, maka kami di sini sepakat untuk melakukan beberpa hal. Pertama, menjaga independensi dan penguatan kelembagaan INSW yang berkelanjutan," terangnya di Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Selain itu, meningkatkan kapasitas dan integritas SDM di INSW sehingga pelayanan publik terwujud dengan integortasnya bisa dipercaya. Untuk itu perlu penyediaan anggaran yang cukup untuk kegiatan operasional dan untuk pengembangan.

"Gajinya karyawan di sana ya perlu baik. Kalau tidak, ya kasihan nanti," kata Darmin

Kemudian, juga menjamin kecepatan dan akurasi data dan informasi yang diberikan INSW sehingga bisa meningkatkan reputasinya yang selama ini diandalkan dunia usaha dan diakui masyarakat internaisonal.

"Dengan kata lain inovasi INSW itu harus berkelanjutan. Supaya dia tetap jadi andalan. Mari kita tunjukkan kita bisa," pungkasnya.

Baca Juga:

Portal INSW Diyakini Ampuh Atasi Dwelling Time

INSW Diyakini Bantu Pelaksanaan Paket September II

18 Unit K/L Tergabung dalam Portal INSW
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8237 seconds (0.1#10.140)