Ramalan BPS soal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III

Kamis, 01 Oktober 2015 - 15:17 WIB
Ramalan BPS soal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III
Ramalan BPS soal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) meramal bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III akan lebih baik daripada triwulan sebelumnya. Namun, BPS tidak bisa menyebutkan angka pertumbuhannya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi kuartal III akan menunjukkan angka lebih baik. Hal ini karena ada beberapa penyebab ekonomi yang menjadi pendorong utama perbaikan pertumbuhan ekonomi.

"Logikanya ya (pasti lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya). Ditambah lagi inflasinya juga kecil, gambarang produktivitas di pariwisata naik, konstruksi juga akan naik," katanya di Gedung BPS, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Menurutnya, jika harga dari barang-barang selain barang konstruksi naik, demand juga mengalami kenaikan, sehingga akan mendorong sektor-sektor tertentu menjadi berkembang.

"Kita optimis kok bisa lebih bagus. Apalagi jika ada banyak sektor yang berkembang lantaran permintaan dari barang-barang konstruksi juga naik," katanya.

Saat ditanya mengenai prediksi angkanya, Sasmito enggan memberikan tanggapan secara spesifik apakah akan berada di 5% atau lebih dari itu.

"Bukan ranah saya menjawab ya. Tapi lebih besar. Seberapa besar, ya kita lihat nanti setelah data agregasi tersedia," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4454 seconds (0.1#10.140)