Menteri ESDM Bantah Jokowi Minta Turunkan Harga BBM

Sabtu, 03 Oktober 2015 - 12:27 WIB
Menteri ESDM Bantah Jokowi Minta Turunkan Harga BBM
Menteri ESDM Bantah Jokowi Minta Turunkan Harga BBM
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membantah bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium diturunkan.

Dia mengatakan, Presiden Jokowi hanya meminta para menterinya untuk mencari solusi untuk kembali menggerakkan roda perekonomian Indonesia yang masih lambat. (Baca: Jokowi Minta Pertamina Turunkan Harga BBM Premium).

"Yang saya tangkap, Presiden sedang terus nencari berbagai solusi bagaimana cara menggairahkan perekonomian yang sedang melambat. Kepada semua menteri diminta memikirkan stimulus ekonomi sesuai bidang masing- masing," katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima Sindonews di Jakarta, Sabtu (3/10/2015).

Menurutnya, Kementerian ESDM hanya diminta mengkaji kemungkinan perubahan harga BBM. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak sama sekali memerintahkan penurunan harga BBM.

Untuk itu, sambung mantan Bos Pindad ini, dirinya sebagai penanggung jawab sektor tersebut meminta Kementerian ESDM dan PT Pertamina (Persero) untuk mengkaji manfaat dan kerugiannya jika harus melakukan penyesuaian harga BBM.

"Saya yakin kebijakan terbaik apapun adalah yang memberi manfaat lebih besar dibandingkan mudharatnya. Dan Pak Presiden sepanjang interaksi saya selama ini, selalu menghormati judgment profresional," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada PT Pertamina untuk menurunkan harga BBM jenis premium. Rencananya, penurunan harga BBM dengan kadar research octane number (RON) 88 ini bakal masuk dalam salah satu poin paket kebijakan ekonomi jilid III Jokowi.

Jokow mengatakan, jika dimungkinkan BUMN minyak dan gas (migas) ini diminta untuk menghitung kembali kemungkinan penurunan harga premium.

"Dan juga ada dua hal lagi yang berkaitan dengan BBM. Dihitung lagi Pertamina, coba dihitung lagi oleh Pertamina. Tolong dihitung lagi apakah masih mungkin premium itu diturunkan, meskipun sedikit," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, belum lama ini.


Baca Juga:

Agus Marto Minta Jokowi Konsisten soal Harga BBM Premium

Agus Marto Ingatkan Jokowi Jangan Cari Popularitas

Pertamina Tuntaskan Hitungan Penurunan Harga BBM
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6628 seconds (0.1#10.140)