Fuad Bawazier: Paket Kebijakan Bentuk Frustasi Pemerintah

Minggu, 04 Oktober 2015 - 21:18 WIB
Fuad Bawazier: Paket Kebijakan Bentuk Frustasi Pemerintah
Fuad Bawazier: Paket Kebijakan Bentuk Frustasi Pemerintah
A A A
JAKARTA - Mantan menteri keuangan (menkeu) Fuad Bawazier mengatakan, paket kebijakan ekonomi berjilid-jilid yang dikeluarkan oleh pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan bentuk frustasi terhadap pelemahan ekonomi dalam negeri.

Jika diibaratkan, dia menambahkan, paket kebijakan ekonomi merupakan kambin hitam. Pasalnya, jika mengacu pada perlambatan ekonomi dunia, dan nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), yang kemudian dijadikan faktor utama perlambatan ekonomi Nasional, paket itu jawaban dari bentuk kefrustasian.

"Pemerintah seolah tidur karena menganggap badai pasti akan berlalu. Tapi saat ini kondisi ekonomi dalam negeri dan masyarakat semakin berbahaya. Kemudian selalu mengatakaan, mereka rumuskan paket, artinya sudah frtustasi. Karena paket itu kan pondasi jangka panjang," tutur Fuad di Jakarta, Minggu (4/10/2015).

Saat ini, menurut dia, paket kebijakan ekonomi merupakan sambungan-sambungan dari beberapa titik yang masih akan berlanjut dalam jangka panjang. "In the long run, we all dead," imbuhnya

Jadi, menurut dia, sudah tidak ada lagi alasan atau pendapatn dari Bank Indonesia dan pemerintah bahwa perlambatan ekonomi karena faktor luar atau lainnya. Terpenting, kata dia, bagaiaman kebijakan itu menjadi efektif ketika diterapkan.

"Jadi pikirkan kebijakan apa saja yang langsung efektif didapat masyarkat," harapnya.

Baca:
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7799 seconds (0.1#10.140)