Ekonomi RI Bisa Tumbuh 4,9% jika Jokowi Lakukan Ini

Selasa, 06 Oktober 2015 - 18:23 WIB
Ekonomi RI Bisa Tumbuh 4,9% jika Jokowi Lakukan Ini
Ekonomi RI Bisa Tumbuh 4,9% jika Jokowi Lakukan Ini
A A A
JAKARTA - Ekonom Senior Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro menilai, ekonomi Indonesia masih memiliki peluang untuk tumbuh sekitar 4,9%. Namun, terkereknya pertumbuhan ekonomi di Tanah Air akan dapat dicapai jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerjakan pekerjaan rumah (PR)-nya dengan baik.

Dia menyebutkan, beberapa PR yang harus dikebut pemerintah untuk menggapai pertumbuhan tersebut antara lain penyerapan anggaran yang harus ditingkatkan maksimal, inflasi bisa terus dalam kondisi stabil, dan pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat ditekan.

"Inflasi bisa distabilkan, golongan miskin bisa diproteksi, PHK diredam, jika itu bisa, Oktober ada pertumbuhan lebih sedikit kita ada harapan," paparnya dalam acara Rembuk Ekonomi Nasional Partai Perindo di XXI Club Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Terlebih, hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali menguat di level Rp14.200 per USD, setelah sebelumnya menyentuh level Rp14.700 per USD. Hal ini tentu harus dimanfaatkan pemerintah untuk mengembalikan kejayaan ekonomi di Indonesia.

Jika pemerintah bisa memanfaatkan momentum ini, sambung dia, bukan tidak mungkin ekonomi akan membaik. ‎"Kalau saya masih optimis 4,9% (pertumbuhan ekonomi kuartal III)," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)