Rupiah Masih Miliki Potensi Lanjutkan Apresiasi

Rabu, 07 Oktober 2015 - 08:43 WIB
Rupiah Masih Miliki Potensi Lanjutkan Apresiasi
Rupiah Masih Miliki Potensi Lanjutkan Apresiasi
A A A
JAKARTA - Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diperkirakan masih memiliki potensi melanjutkan apresiasi.

Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, masih berlanjutnya penguatan pada rupiah tentunya memberikan peluang kenaikan lanjutan.

Akan tetapi, di sisi lain adanya pelonggaran moneter oleh Jepang membuat laju Yen melemah terhadap USD, sehingga juga terdapat potensi pembalikan naik bagi USD meski tipis.

"Diharapkan kenaikan indeks USD tidak mengurangi potensi kenaikan lanjutan pada laju rupiah. Tetap harus dapat menyesuaikan dengan riil lapangan dan mencermati sentimen di pasar," kata dia di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Dia memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp14.325-Rp14.400/USD.

Sementara posisi rupiah kemarin berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp14.382/USD, terapresiasi 222 poin dibanding posisi sebelumnya di level Rp14.604/USD.

Sentimen yang sama masih mewarnai laju rupiah kemarin, di mana laju komoditas yang masih bergerak positif mampu meredam potensi penguatan nilai tukar USD, sehingga dapat dimanfaatkan oleh sejumlah mata uang Asia untuk dapat bergerak positif.

Menurut dia, beredarnya spekulasi akan lebih baiknya rilis Kebijakan Ekonomi Jilid 3 yang lebih mengedepankan pada pembenahan kondisi makroekonomi yang lebih konkret dan disertai dengan bumbu optimisme dari Presiden Joko Widodo yang meyakini pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada semester II nanti akan lebih baik dibanding semester I tahun ini.

Selain itu, juga didukung persepsi akan positifnya kebijakan penempatan dana hasil ekspor di dalam negeri bagi peredaran USD dan rupiah cukup dapat membuat laju rupiah dapat bertahan di zona hijaunya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5920 seconds (0.1#10.140)