Indef: Rupiah Menguat Hanya Sementara

Kamis, 08 Oktober 2015 - 20:23 WIB
Indef: Rupiah Menguat Hanya Sementara
Indef: Rupiah Menguat Hanya Sementara
A A A
JAKARTA - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Dzulfian Syafrian menilai, penguatan rupiah yang terjadi hari ini hanya bersifat sementara.

Pasalnya, penguatan rupiah bukan hanya terjadi pada mata uang Indonesia saja melainkan pada semua mata uang Dunia. (Baca: Cadangan Devisa Susut, Rupiah Ditutup Kehabisan Tenaga).

"Ini hanya sementara, bukan hanya rupiah saja tapi semua mata uang dunia juga menguat. Mata uang dunia menguat karena dollar lagi melemah gara-gara baru saja ada data dari AS yang mengatakan kalau tenaga kerja di sana tidak sebaik yang diperkirakan," ujarnya di gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Menurutnya, apresiasi penguatan rupiah tergantung dari faktor eksternal, bukan internal. Selain itu, masyarakat juga harus menunggu beberapa waktu ke depan untuk memastikan apakah penguatan rupiah ini akan menunjukan tren positif.

"Rupiah itu ketidakpastiannya tinggi karena selang beberapa hari saja melempem, eh langsung kuat lagi. Ibaratnya Indonesia kaya orang yang gampang tertular penyakitnya," papar dia.

Dzulfian menuturkan, jika dalam waktu dekat akan keluar data lagi seperti realisasi automotif dan lainnya. Maka di situ masyarakat akan wait and see untuk menunggu kepastian bagaimana ke depannya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4749 seconds (0.1#10.140)