Indef: Paket Kebijakan III Masih Ada Kekurangan

Kamis, 08 Oktober 2015 - 21:28 WIB
Indef: Paket Kebijakan III Masih Ada Kekurangan
Indef: Paket Kebijakan III Masih Ada Kekurangan
A A A
JAKARTA - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Dzulfian Syafrian mengklaim, masih ada kekurangan dalam paket kebijakan ekonomi III, yakni pengendalian inflasi.

"Karena inflasi Indonesia itu tinggi, sedangkan pendapatan masyarakat stabil. Ibaratnya, pendapatan masyarakat tetap tapi harga malah terus terusan naik," imbuhnya di gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Sebab itu, harus ada tindakan dari pemerintah untuk memotong 'leher' inflasi. Sebab, kalau inflasi tidak dipotong maka Indonesia tidak akan menarik lagi bagi investor, sehingga dolar bisa keluar lagi dan rupiah kembali melemah.

Untuk itu, diharapkan pemerintah bisa fokus dalam pengendalian inflasi khususnya pada bahan pangan. Jika pemerintah tidak hati-hati mengendalikan harga pangan maka inflasi bisa kembali tinggi. (Baca: Ini Isi Lengkap Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Jilid III).

Apalagi permasalahan utama bahan pokok itu tata niaga, begitu mudahnya pedagang besar memainkan stok di pasar di mana mereka bisa menahan barang untuk dapat keuntungan besar.

"Makanya pemerintah harus lakukan tindak lanjut untuk kendalikan inflasi khususnya di bahan pangan," papar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4461 seconds (0.1#10.140)